[ADS] Top Ads

Fonts Arial And Helvetica VS Just Sans-Serif [Membahas Isue Hangat Seputar Fonts]


Beberapa waktu belakangan ini, para Web Developer sempat dihebohkan dengan perbedaan bentuk Font yang muncul di OS ber-platform Windows dengan Font yang muncul di Macs OS. Dan yang menjadi bahasan serius mereka beberapa waktu belakangan ini adalah Fonts Arial Dan Helvetica VS Sans-Serif doank.

Untuk anda yang gak pernah tau berita ini sama sekali, saya akan sedikit menjelaskannya untuk anda. Selama ini, klo anda pernah menggunakan PC dengan Platform OS Windows Anda akan mendapati bentuk Font yang sangat bagus dilayar anda ketika anda membuka sebuah Website atau blog dengan Font Arial, karena Arial memang adalah Font yang bisa saya asumsikan paling disenangi Windows hhe... Dan sebaliknya saat anda membuka Website atau blog yang menggunakan Font Helvetica di PC dengan Macs OS anda pun akan mendapati tampilan yang luar biasa karena asumsi saya Macs OS pun paling menyukai Font ini hhe...

Tapi masalah akan muncul ketika sebuah Blog atau Website yang menggunakan Font Helvetica anda buka di PC dengan OS Windows, dan karena saya pun menggunakan Macs OS untuk urusan Kerjaan (Graphic Designer) akhirnya saya mencobanya sendiri dan ternyata pendapat itu saya benarkan karena di Macs OS Font Helvetica memang terlihat bagus namun di Windows Font ini tampak begitu gak karuan bahkan saya setuju klo sebagian besar Web designer mengatakan Font itu terlihat menakutkan di Windows.

Dan karena anda pun pastinya gak mau kehilangan Visitor Blog anda hanya karena masalah Font, beberapa Web Designer kembali berdiskusi dan kebetulan saya ikut nongkrongin obrolan mereka di Forum. dan mereka sampai pada satu kesimpulan untuk tidak menggunakan Fonts Arial And Helvetica melainkan menggantinya dengan Sans-Serif. Karena Font itu dianggap paling adil untuk masalah Platform.

Dan berikut Salah satu Komentar yang menjadi patokan saya, yang saya ambil dari http://html5boilerplate.com:


In general Arial is a better screen font than Helvetica being developed for the screen in the first place. More pressing problem is that Helvetica on Windows does not render well at all and you don't want to ignore the majority of your audience ;) - http://html5boilerplate.com/#comment-67626905

This is very true - Helvetica on Windows looks awful. But can't this be solved by simply using sans-serif as the first font-face? I'm pretty sure that will default to Helvetica on Macs and Arial on Windows. - http://html5boilerplate.com/#comment-67654932



Dan melalui serangkaian diskusi tersebut, banyak yang akhirnya setuju dengan pendapat tersebut dan mulai mengalihkan Font mereka ke Sans-Serif. Dan untuk lebih jelasnya berikut saya berikan Syntaxnya. Pernah anda menuliskan Font di Kode CSS anda dengan bentuk demikian:

body {
font-family: Helvetica, Arial, Sans-Serif;
}


klo pernah anda tidak perlu menggunakannya lagi, karena para Web Developer dan Web designer akhirnya menyetujui bentuk seperti dibawah ini, yang menurut mereka jauh lebih baik dan normal di Windows ataupun di Macs OS.

body {
font-family: Sans-Serif;
}


Untuk lebih jelasnya silahkan langsung liat diskusinya di http://html5boilerplate.com/

Semoga tulisan diatas bisa sedikit memberikan penjelasan tentang Isu tersebut...


4 komentar

  1. kalau saya lebih suka dengan font verdana :D

    BalasHapus
  2. waah asyik juga tuh sob, bisa pilah-pilih front yang kita senangi yaaa...
    trims atas ilmunya, sukses selalu n tetap semangat

    BalasHapus
  3. sanserif yo, ane lebih suka trebuchet hiyah ranyambung, kalo wp kadang iseng di upload file .ttf untuk dijadiin font family di css..
    numpang tidur sik.. habis keluyuran cuapek tenan.. zzzzzzzzzz

    BalasHapus
  4. @ sichandra : KLo Masalah Font sebenernya suka-suka sih hhe...

    @ Harto : Sama2 Pak... wah jauh2 berkunjung kesini hhe...Sukses juga pak..

    @ alkatro : Lha iya kowe iso Upload Font di WP, nek aku ya mesti ke Google Font haha...

    BalasHapus

Posting Komentar

Copyright © 2023

Cookies