[ADS] Top Ads

Membuat Micro Blogging Pribadi Seperti Twitter Dengan Status.Net


Ocre, setelah sebelumnya saya ng'bahas tentang Social Networking Paperdrink.com, kali ini saya mau ngajak anda untuk mengenal sebuah website OpenSource yang menyediakan Free script untuk membuat Micro Blogging layaknya Twitter, Jadi klo berminat anda hanya tinggal mendownload scriptnya dan meng-installnya di hostingan anda dengan mempergunakan nama domain anda sendiri dan script tersebut bahkan bebas untuk anda oprek dan kembangkan sendiri. Menarik bukan? hhe... dan nama Website tersebut adalah Status.net.

Untuk anda yang mau mendownload Scriptnya untuk membuat Micro Blogging sendiri silahkan KLIK DISINI, dan setelah mendownloadnya anda hanya tinggal meng-installnya di hostingan anda masing-masing layaknya meng-install Wordpress atau pun Joomla, atau klo anda masih kurang yakin sama bentuknya anda bisa nyoba nginstall di Localhost dulu hhe... sebelumnya Install XAMPP dulu pastinya, lha klo gak gimana mau jalan klo gak ada Webserver, database dan lainnya haha...

Dan untuk anda yang berminat mencoba membuat Micro Blogging dengan status.net, tapi gak mau membuatnya sendiri atau lebih milih untuk memanfaatkan versi gratisannya dengan Domain status.net. saya akan berikan panduannya untuk anda.

1. Silahkan kunjungi Status.net, penampakannya kaya gambar dibawah ini:



Untuk mendaftar silahkan KLIK "Sign Up for a Cloud Account" dan ini Free alias gratis jadi jangan takut karena anda gak akan diwajibkan menjadi Member Premium :D

2. Anda akan dibawa ke page berikut:


Nha disini anda bisa memilih sendiri mau menggunakan Cloud account yang mana, untuk Single-User nantinya anda hanya bisa menulis status untuk diri sendiri dan tidak bisa mengajak orang lain untuk ikut bergabung, hem... mungkin pilihan ini lebih tepat untuk nyari Backlink, jadi tiap ada postingan baru anda bisa sekalian bikin statusnya hhe... Untuk Private Account, anda bisa mengundang orang lain untuk bergabung, tapi hanya dikhususkan untuk orang-orang itu saja dan tidak bisa secara public dilihat oleh semua orang Dan untuk Community fungsinya 100% sama dengan Micro Blogging Twitter, yaitu anda bisa menjadi Admin dan mengundang orang lain untuk bergabung dan membuat Group di akun milik anda. Jadi, silahkan pikirkan account mana yang kira-kira tepat untuk anda.

3. Klik Sign Up disalah satu Account dan anda akan dibawa ke Form berikut:

Silahkan isikan data yang diminta, Centang I Agree to the terms Of Service Dan Klik button Create.

4. Akun Micro Blogging anda sudah terdaftar dan siap untuk digunakan. Setelah itu silahkan Cek E-mail anda dan lakukan Verifikasi untuk LogIn ke akun yang telah anda buat. Dan penampakan seperti dibawah ini yang akan anda dapati pertama kali:

Dan silahkan Isikan Data di Profil anda. Dan save untuk melihat hasilnya. Selain Mengisi Data Profil hal yang wajib anda lakukan adalah mengganti Foto Avatar anda, di menu Avatar, contohnya seperti pada gambar dibawah ini:

Dan jika ingin mengganti Password anda bisa mengubahnya di menu Password yang penampakannya seperti dibawah ini:

Untuk menu lainnya silahkan telusuri sendiri karena yang saya anggap penting hanya 3 menu diatas hhe... Dan tampilan dari Micro Blogging anda pun tidak hanya statis seperti Image di point nomor. 4 karena status.net menyediakan banyak theme yang bisa anda ubah sesuai keinginan anda. Misalnya Theme Cloud yang saya gunakan pada ke-2 Acount yang saya miliki, wujudnya seperti gambar dibawah ini:

Gambar diatas adalah Wujud dari Cloud Account Single User yang saya buat dengan nama angkringan.status.net, Dan untuk Versi Community, berikut penampakannya:

Nha, untuk Account ke-2 anda bisa ikutan bergabung klo mau hhe... soal'nya saya udah ng'test sama Bento Dan berhasil haha... Account untuk Community-nya kebetulan saya kasih nama Blogging.status.net.

Ocre, sekarang pilihan saya kembalikan kepada anda. Ingin ikut bergabung sebagai member di Cloud Account status.net atau mendownload script micro Bloggingnya dan menggunakan Hosting serta Domain sendiri untuk membuat Micro Blogging pribadi anda.

Selamat mencoba....

Update!

Mulai Bulan Maret 2011, Status.net meluncurkan Versi 1.0 -nya yang ditujukkan untuk kalangan Bisnis, Dan untuk sementara mereka belum kembali melayani Registrasi untuk Cloud Account seperti yang saya buat diatas. Jadi untuk anda yang ingin kembali menikmati Layanan mereka, harap bersabar untuk menunggu Rilis StatusNet OnDemand yang akan menggantikan layanan mereka yang sebelumnya. Atau anda bisa mendownload scripnya untuk menikmatinya di hosting serta domain anda sendiri. Untuk keterangan lebih lanjut silahkan baca postingan StatusNet 1.0 is Open For Business (but not yet), yang mereka posting bulan ini.


10 komentar

  1. wah akhir-akhir ini ternyata sampean rutin ngisi ndik sini to Kang. semuanya mateb tutorialnya. Sementara saya pelajari dulu perkembangan status net ini.
    Sampun Kang pamit dulu, sugeng makaryo, jaga kesehatan dan selamat berlibur

    BalasHapus
  2. @ Djangan Pakies : Nggeh ki kang, sementara disini dlu hhe... soal'e nek ngisi di DJ Site aku ki rung sempet Blogwalking... beda sama disini yg cuma didatengin satu2 orang hhe... Nggeh monggo ditunggu perkembangan'e ae kang... sampun kang, sama2 jaga kesehatan :D

    BalasHapus
  3. Saya Sudah lama Memakai Status.net
    Oia Mas ... Ko Pake XHTML ya Template Blog Ini
    Padahal Tutorialnya HTML5
    Kenapa yah ?

    BalasHapus
  4. langsung tancap gas sekarang bikin status net entar sudah adi baca lagi tentang paperdrink mantap

    BalasHapus
  5. gambar HOMEnya udah berubah...tolong diupdate artikel ini..makasih banyak..

    BalasHapus
  6. seetelah masuk homepage,,trus klik yang mana biar bisa masuk page seperti di poin 1??

    BalasHapus
  7. tapi alamatnya kog masih ada kata "status"nya..kurang mantab ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ea bener faril... Kurang mantap apa gak bisa hilang tulisan statusnya, mimin tau buat kayak website celoteh.org ??

      Hapus
  8. wah boleh juga nih sob saya coba, langsung tak sambangi markaznya

    BalasHapus
  9. @ Nurul Imam : Di Beberapa Blog lain aku udah terapin koQ Markup HTML5, cuma karena waktu itu ada yg komplain sama masalah pixel jadi Blog ini aku balikkin lagi ke XHTML 1.0 soalnya ampe dikasih JS masih belum pulih juga tuh Pixel klo di IE Browser padahal Opera udah mulai Support hhe... jadi aku tunggu IE Support aja deh untuk Blog yg pada di komplain klo yg gak Di komplain ya udah aku terapin HTML5 hhe...

    @ smp 3 lembang : Untuk saat ini gak bisa Sob.. soalnya mereka lagi mempersiapkan versi baru mereka, coba tunggu beberapa hari kedepan..

    @ Faril : Bukannya udah saya tulis pake warna merah dipostingan paling bawah? klo untuk nama domain kan yg saya tunjukkin cara untuk membuat Cloud Account klo mau pake Domain sendiri tinggal Download Scriptnya aja trus install di hostingan dan pake domain sendiri atau bisa juga pake .co.cc yg gratisan..

    @ Rizkyzone : Monggo Sob.. cuma klo aku ndak salah bulan ini lagi Evolusi Sob...

    BalasHapus

Posting Komentar

Copyright © 2023

Cookies