[ADS] Top Ads

Apa Itu Google Adsense Atau AdChoices?


Biarpun Kata Google Adsense bisa dibilang sudah cukup bahkan sangat familiar dikalangan Blogger yang berkecimpung di Bisnis Online, tapi gak sedikit juga yang belum tau apa itu Google Adsense, apa fungsinya dan apa yang akan kita dapatkan dari Program milik Google ini.

Atau dengan kata lain, mungkin benar hampir setiap Blogger pernah mendengar kata "Google Adsense", tapi jarang diantara mereka yang akhirnya benar-benar mencari tau tentang Program milik Google ini, entah karena mereka memang belum atau tidak berminat untuk ikut serta sebagai Publisher atau bisa jadi mereka memang tidak tau sama sekali tentang Program yang satu ini.

Padahal, hampir sebagian besar Blogger Indonesia, justru memanfaatkan Program milik Google ini untuk mencari penghasilan sampingan, bahkan beberapa sahabat saya justru menjadikannya sebagai mata pencarian utama dibandingkan dengan pekerjaan mereka di dunia nyata :) Contoh nyatanya adalah seorang sahabat saya yang kini berprofesi sebagai Dosen disalah satu Universitas Swasta Terkenal di Jakarta, klo dilihat sekilas saya yakin anda pasti mengira bahwa Dosen adalah pekerjaan utamanya, tapi pas saya tanyakan ke orangnya secara langsung, dia malah bilang ini cuma pekerjaan sampingannya, dan justru menjadi Publisher Google Adsense yang disebutnya sebagai Pekerjaan utama hhe... *maaf nama diri serta nama Universitas tidak dapat saya sebutkan

Dan yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah? Apakah program ini memang menghasilkan? Sebagai Publisher Google Adsense, bisa saya bilang Program ini memang sangat menghasilkan, tapi ya klo anda tau cara untuk memanfaatkannya. Karena untuk beberapa orang biarpun mendapatkan Akun Google Adsense mereka anggap sebagai sesuatu hal yang gampang, tapi setelah dapet, kebanyakan dari mereka justru gak tau gimana cara untuk memanfaatkan Google Adsense ini dan menghasilkan Earnings dari program ini. Dan ujung-ujungnya banyak yang justru memilih untuk gak lagi ikutan main di Program ini hhe... :)

Untuk itu, dipostingan kali ini saya ingin sedikit mengenalkan Program Google Adsense ini kepada anda semua, dan biar gak disangka hanya nulis tanpa pembuktian, akhirnya Blog ini pun saya pasangi Google Adsense :) karena takutnya, dikemudian hari anda malah balik nanya ke saya mana buktinya? kok Blog ini gak dipasangin Google Adsense? dan lain sebagainya.

Okeh, saya akan mulai menjawab Pertanyaan utama disini, Apa itu Google Adsense? dari tadi saya memang telah memberitahukan kepada anda bahwa Google Adsense adalah sebuah Program miliik Google, tapi secara spesifik, saya memang belum menjelaskan program tentang apa sebenernya Google Adsens itu? Jadi gini, Bisa dibilang Google Adsense adalah program iklan Gratis yang disediakan Google untuk siapapun yang mau mendaftar untuk ikut serta didalamnya, Nha lho, udah jelas-jelas ini Program Gratis kok kita malah Dibayar? terus siapa yang dengan ikhlas membayar kita di program ini? Google kah? sayangnya bukan, karena Google justru ikut mengambil untung dari Program Adsense ini hhe... Lantas siapa yang membayar kita? yang membayar kita dalam Program Google Adsense ini adalah para pengiklan yang menggunakan Jasa Google AdWords untuk menayangkan iklan mereka di Website atau Blog yang digunakan para Publisher untuk memasang kode iklan mereka. Jadi, bisa saya katakan sistemnya saling menguntungkan atau bahasa Biologinya Simbiosis Mutualisme hhe... *hayah

Lantas bagaimana cara kerja Program ini hingga anda bisa dibayar? perlu diingat untuk ikut serta dalam Program ini, anda pun harus lulus seleksi dan Di Approve oleh Google, karena disini Google pun tidak mau mengambil resiko bagi para pengiklannya dengan hanya asal menerima siapa saja untuk menjadi Publisher. Jadi, sebelum ke masalah pembayaran, langkah awal yang harus anda lakukan adalah Mendaftarkan diri anda terlebih dahulu dan pastinya harus nunggu di Approve dulu. Untuk yang mau daftar bisa langsung ke link berikut www.google.com/adsense/ atau www.google.com/adsense?hl=in. Nha, klo anda sudah mendaftar dan sudah di Approve, anda bisa mengambil Kode Iklan untuk anda pasang di Blog atau Website anda yang contohnya dapat anda lihat pada Sidebar blog ini. Nha, setelah iklan tersebut anda pasang, artinya setiap gerak-gerik visitor dan aktivitas di blog anda akan dipantau secara lansung oleh Google, begitu pun dengan aktivitas klik yang dilakukan oleh para pengunjung ke Iklan yang anda tayangkan. Dan karena Program Iklan Gratis milik Google ini memang bergerak dalam bidang PPC (Pay Per Click), jadi anda sebagai publisher akan dibayar berdasarkan jumlah iklan yang diklik oleh pengunjung anda, dan harga setiap iklan yang di klik bisa sangat bervariasi, jadi emank gak ada kepastian berapa yang akan anda dapet dari 1 kali klik, tapi kembali saya ingatkan tolong jangan pernah sekalipun anda klik Iklan anda sendiri, karena klo anda udah ke Banned, saya jamin bakalan susah banget ngakalin Google untuk kembali menerima anda dalam Program mereka, kenapa saya bisa bilang kaya gitu? karena saya pun sudah 2 kali di Banned dan yang saya gunakan sekarang adalah akun ke-3 ya biarpun saya masih punya cadangan 2 akun lagi wkwkwkwk... *tapi InsyaAllah gak ke banned lagi lah :)

Lantas Iklan seperti apakah yang dapat anda tayangkan di Blog atau Website anda? silahkan perhatikan Gambar dibawah ini:

Klo gak keliatan silahkan klik untuk memperbesar. Pada gambar diatas dengan jelas anda dapat melihat bahwa dalam Program PPC-nya ini Google menawarkan anda 5 pilihan, yaitu AdSense untuk Konten, AdSense untuk Pencarian yang masih terus Disempurnakan!, AdSense untuk Umpan, AdSense untuk Domain Dan AdSense untuk Konten Seluler.

Kita bahas satu persatu mulai dari Adsense untuk konten. Bisa saya katakan, Adsense untuk konten adalah pilihan yang paling banyak digunakan oleh para Publisher, kenapa? karena yang bentuknya paling menarik dan mengundang untuk di klik ya pilihan yang satu ini hhe...

Dan di Adsense untuk konten ini, anda diberikan 2 pilihan, yaitu ingin menampilkan Unit Iklan atau hanya Unit Tautan (Link). Berikut contoh masing-masing:

1. Unit Iklan



2. Unit Tautan (link)


Beralih dari pilihan Adsense Untuk Konten, kini saya ingin mengajak anda untuk menengok Adsense untuk pencarian. Apa keunggulan Adsense Untuk Pencarian dibandingkan dengan pilihan lain? keunggulan utamanya adalah anda bisa menghasilkan Earnings dengan ikut juga membantu orang lain mencari Keyword tertentu lewat Search Form yang anda pasang di Blog anda. Dan langkah-langkahnya adalah:

  1. Buat mesin pencari dalam hitungan menit untuk blog anda.
  2. Sesuaikan tampilan iklan dan hasil pencarian.
  3. Sesuaikan hasil dan iklan dengan khalayak dan konten situs Anda.
  4. Dapatkan hasil pencarian situs yang lebih lengkap dengan pengindeksan yang disempurnakan.
Dan bentuk dari Adsense untuk Pencarian adalah kaya gambar dibawah ini:


Nha lho, mana iklannya? kan tadi saya bilang disini sistemnya orang melakukan pencarian baru iklan ditayangkan hhe... jadi misal saya ngetik kata Directory, hasilnya adalah seperti berikut ini:



Nah, coba perhatikan hasil pencarian dari Keyword Directory, jelas terlihat bahwa yang muncul diurutan teratas adalah iklan Adsense itu kenapa sengaja diberikan waran kuning untuk membedakan, dan jika visitor yang melakukan pencarian meng-klik link pada urutan pertama itulah anda akan mendapatkan Dollar :)

Selanjutnya adalah Iklan Untuk Umpan, atau nama kerennya Adsense untuk Feed, cuma harus diingat iklan untuk pilihan ini sangat bergantung pada berapa besar pelanggan blog anda yang terus mengikuti update blog anda lewat FeedBurner. Dan karena saya sendiri belum pernah nyobain pilihan satu ini, jadi saya gak bisa banyak cerita kepada anda semua hhe... oiya, klo anda mau menggunakan pilihan ini, nanti Blog-blog yang terhubung dengan Akun Adsense anda akan secara otomatis memberikan keterangan berapa orang yang mengikuti perkembangan blog anda lewat FeedBurner, dan sebagai contohnya ini screen shoot untuk Blog DJ Site yang juga merupakan Blog inti saya:


Gak begitu banyak sih, cuma 666 orang yang mengikuti update DJ Site secara berkala lewat E-mailnya hhe... tapi entah kenapa saya kurang minat membebani pelanggan saya lewat Iklan :)

Selanjutnya adalah Iklan untuk Domain. Maksudnya? jadi disini Domain yang anda gunakan untuk bermain dalam program ini haruslah domain yang diparkir atau tidak digunakan, dan anda akan dibayar dari setiap kunjungan ke Domain anda, tapi perlu diingat yang diitung hanya yang mengunjungi domain tersebut secara Direct atau langsung mengetikkannya, dan anda pun tidak diperkenankan mempromosikan domain tersebut apalagi meninggalkan Url Domain tersebut di blog lain jadi klo ada yang masuk ke Domain tersebut lewat referal, itu tetep gak diitung.

Dan terakhir adalah Adsense untuk Konten Seluler atau AdMob, kebetulan saya lumayan suka sama pilihan yang satu ini, apalagi sekarang banyak orang lebih suka pake perangkat Mobile kan untuk urusan Online? hhe... jadi Iklan ini pun bisa dibilang sangat relevan untuk anda tayangkan di blog anda :)

Saya kira itu sedikit yang bisa saya beritahukan tentang Program PPC Google Adsense ini, tapi masih ada satu pertanyaan terakhir yang belum saya jawab, yaitu kenapa saya menuliskan Google Adsense atau AdChoices di judul postingan saya kali ini? Jawabannya adalah karena Google Adsense memang sudah secara resmi mengganti Logo serta nama mereka menjadi AdChoice untuk iklan berbahasa Inggris, tujuannya adalah untuk transparansi kepada Publik, untuk lebih jelasnya anda dapat membaca postingan berikut:



Okeh, melalui postingan ini, saya harap anda sedikit bisa memahami Apa itu Program Google Adsense hhe... Dan untuk anda yang mungkin ingin menambahkan saya persilahkan di kotak komentar.


75 komentar

  1. Newbie neh gan, mau tanya gimana cara masang adsense yang bentuk tautan / mesin pencari di blog kita. saya dah coba tapi kok gak bisa-bisa ya...makasih

    BalasHapus
  2. @ Rezky Amo: Maksudnya dapet Link AdChoice gan? AdSense agan berubah dari Ads By Google jadi AdChoices gitu? emank berubah semua gan gak usah diapa-apain, itu regulasi iklan USA biar lebih transparan makanya Ads By Google untuk bahasa Inggris ganti ke AdChoices semua dan kataynya akan nyususl di bahasa lain.

    @ van der :

    Yang tautan: Login ke akun Adsense, Klik Konfigurasi AdSense > AdSense untuk konten klik radio button Unit tautan > Klik Lanjut > Atur settingan tampilan iklannya, klik Lanjut lagi > Tambah chanel baru dulu klo belum ada, klo udah ada pake aja yang itu klik lanjut langsung dikasih Kode Adsense untuk tautan yang bisa dipasang...

    Yang Search: Login ke Akun Adsense > konfigurasi AdSense > Klik AdSense untuk pencarian > Klik persiapan > Klik radio button Hanya situs yang saya pilih > isi kolom situs terpilih pake url agan isi kata kunci dengan keyword blog agan misal blog agan tentang bola ya tulis aja bola > klik lanjut > Pilih Corak tampilan Searchnya > kosongin URL gambar logo dan URL tujuan logo > Klik Lanjut > Contreng kotak Penggunaan fitur AdSense untuk Pencarian ini diatur oleh persyaratan tambahan. Dengan mencentang kotak ini dan mengklik 'Kirim', Anda menyetujui persyaratan tersebut > kasih Nama Mesin Pencari (search engine) Anda: isi nama blog agan atau apa aja terserah > Klik kirim dan dapatkan kode > udah gan kode bisa langsung dipasang... :)

    BalasHapus
  3. terima kasih telah membuat saya dari tidak tahu menjadi tahu

    BalasHapus
  4. oke ane mulai ngerti secara detail bro apa itu adsense..thanks

    BalasHapus
  5. Okeh Saya Juga udah Ngerti Deh..hehe
    langsung ke tkp

    BalasHapus
  6. lengkap gan infony...makasih...

    BalasHapus
  7. Terima kasih atas pembahasannya.
    Apakah ada syarat dasar dari google adsense untuk menerima kita sebagai publisher?
    Contohnya jumlah pageview per hari, google pagerank dan lain sebagainya.
    Thanks.

    BalasHapus
  8. Gan, kalo ngerubah GA menjadi adchoice sterusnya bisa gk? bingung nih... :)

    BalasHapus
  9. oalah jadi adchoices dengan GA itu sama to... wah ane ditolak mulu nih aprooval ane :(

    BalasHapus
  10. OOOWWWW...... TIBAK E PODO TO....HEHEHEHEH

    BalasHapus
  11. terima kasih buat infonya kang,

    mau curcol nie: blogku udah aku dafatarin google adsense berkali" tapi hasilnya nihil

    barangkali bisa dibantu mas?

    BalasHapus
  12. gan, bagi tips nya dong biar bisa di approve sama google adsense ini !!!

    BalasHapus
  13. Oh jadi gitu fungsinya Thanks ya...
    Follow Blog me : http://syarifshareilmu.blogspot.com/

    BalasHapus
  14. wow nice infonya mas. baru kenal dunia GA soalnya

    BalasHapus
  15. apa aja persyaratan agar diterima menjadi anggota google adsense ? mohon penjelasannya terima kasih

    BalasHapus
  16. Informasinya bermanfaat, kira-kira kriteria apa yah yg di berikan google biar cepat di approve??

    BalasHapus
  17. salam kenal,,
    terima kasih untuk infonya,,

    BalasHapus
  18. salam kenal,,
    terima kasih untuk infonya

    BalasHapus
  19. aku pernah daftar, tpi blum di aprove
    hikz...

    BalasHapus
  20. wah, mantab bener nih infonya ,,,

    BalasHapus
  21. terima kasih atas informasinya kang,
    kuncinya apa sih untuk di aprrov

    salam Curahan Tangan dari Warga Margasari Kec Sidareja yang lagi belajar Pekerja Sosial dan Wisata Murah

    BalasHapus
  22. salam kenal mas :)
    terima kasih untuk infonya..

    BalasHapus
  23. saya malah di tolak terus .... Sama mbha gugel ... :(

    BalasHapus
  24. gan mw tanya, contoh iklan google adsense dblog ini yang mana? thnx

    BalasHapus
  25. @ PIPO : Saya udah nggak masang Google AdSense untuk blog ini dan blog lain yg saya punya, soalnya kecil sekarang earningnya hhe... saya udah beralih ke TribalFusion :)

    BalasHapus
  26. Informasinya cukup membantu gan,
    mohon info juga ya gan kalo web seperti punya saya ini jasa pembuatan website apa sudah layak untuk ikutprogram google adsense?

    BalasHapus
  27. wah.. informasi yang sangat bagus dan sangat membantu. terimakasih gan

    BalasHapus
  28. wah keren jugaa ya artikelnya sangat membantu, thanks om
    mampir yuk http://lintascara.blogspot.com/

    BalasHapus
  29. terima kasih banyak infonya.
    www.justdoitfriend.com

    BalasHapus
  30. mantappp -> adesetiadi99.blogspot.com

    BalasHapus
  31. Blog saya kok gak aktif ya tombol oren daftar GA nya

    BalasHapus
  32. waduh gan, saya udh lama dftar ke adsense tapi sampai sekarang tetap aja di tolak.. :(

    BalasHapus
  33. saya udah punya adsense,, tapi ngga tau cara pasang adlink, bisa bantu?

    BalasHapus
  34. Informasi nya lengkap banget mas, kebetulan ane lagi belajar memahami google adsense, semoga bisa menambah wawasan ane tengang apa itu google adsense

    BalasHapus
  35. Terima kasih innformasinya, jadi pingin punya adsense nih

    BalasHapus
  36. lengkap bener artikelnya, jadi paham sekarang

    BalasHapus
  37. bermanfaat sekali..
    kunjung balik ya...^_^
    nofitis.blogspot.com

    BalasHapus
  38. terima kasih banyak infonya mas, kunjungi balik ya.

    BalasHapus
  39. thanks gan infonya
    http://www.nowcomputer.ga/

    BalasHapus
  40. Terimakasih infonya sob, bermanfaat sekali...

    BalasHapus
  41. PPC adchoices bagus juga daftranya cepat dtrima dari pada google adsense.
    Baca juga Info Komunitas Online Megapolitan => Infonitas.com

    BalasHapus
  42. Wawasan saya bertambah tentang adsense setelah membaca artikel ini, Sangat bermanfaat sob.......

    BalasHapus
  43. saya udah 3 kali gagal di google adsense. punya tips ga gan ?

    BalasHapus
  44. Gan.. gimana biar traffic meledak dak...

    BalasHapus
  45. thankz gan nice info...
    perlu dicoba,,,,

    BalasHapus
  46. Infonya sangat lengkap mas... sekarang jadi ada bayangan langkah awal yang akan dituju apa dulu. Salam super

    BalasHapus
  47. Sangat Bermanfaat infonya Mas. Dan sangat membantu bagi pemula adsense kaya blog Saya.

    BalasHapus
  48. terimakasih informasinya gan sy jg lg berusaha supaya dapet adsense.. mohon bantuannya ya gan http://sharendy.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  49. jika mau lebih lengkap kamu bisa kunjungi blog ini gan yang membahas adchoices dan youradchoices htp://silabusdanrpp13.blogspot.com

    BalasHapus
  50. betul gan,,,walaupun sudah punya akun...tapi yang uslit itu mendatangkan uangnya

    BalasHapus
  51. sangat bermanfaat. mampir di kuinginbaca.blogspot.com

    BalasHapus
  52. keren bgn gan,
    budigold.blogspot.co.id

    BalasHapus
  53. Pengen punya yang full susah juga ya gan :D

    BalasHapus
  54. Terimakasih informasinya gan sy jg lg berusaha supaya dapet adsense.. mohon bantuannya ya gan

    BalasHapus
  55. Sudah punya GA, tapi ga maksimal dapetnya, adalah sahabat yang memiliki kiat agar akun GA berhasil maksimal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog Indonesia ya um?
      Kalo blog Indonesia, kayanya emang lagi pada diving lumayan dalem um ratenya...
      Bisa 20:1 sama blog british ratenya,
      Biarpun uv-nya jomplang 1:10

      Untungnya msh agak kebantu dikit sih sama bentuk iklan yg matched content, yg bentuknya agak native dan nyaru sama isi postingan & related post itu... kalo cuma iklan standart banner, kadang jauh bgt antara iklan yg tayang sm konten jd org jg kayanya gak tertarik buat buka (nulisnya apa iklannya Bigo Live wkwk)... belum lagi banyakan netter skrg pake AdBlock yg di hp pake UC... kita kasih pop-up suruh disabled AdBlock pun yg ada di close postingan kita wkwkwk... Soalnya kalo saya nempatin diri sebagai netter saya jg pasti ngelakuin hal yg sama... sepenting2nya konten yg saya cari mending saya cari di blog lain klo yg saya klik duluan pake anti adblock :D

      Hapus
  56. Terima kasih penjelasan yg cukup komplit.
    Kebetulan blog saya baru aja diapprove GA.
    yg belum di aprrrove, jgn patah semangat!!

    www.sastrawacana.com
    Saya masang 3 unit iklan di blog, apa efektif ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... selamat ya mas untuk approvalnya... :)
      Kalo untuk unit iklan, coba aja beberapa bulan kedepan 3 unit iklan yg mas pasang gak usah diutak utik dulu...
      Sambil dipantau unit iklan mana yg lebih sering dilirik visitor...
      Kalo sekiranya udah punya bayangan tinggal gimana mas nya aja
      Mau nyisain unit yg memang potensial aja atau mau ngebiarin seperti itu :)

      Hapus
  57. Salam kenal mas, mas yang digunakan di blog sampeyan iklan adsense kah? Kok beda ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal jg mas Ahmad,
      Untuk iklan yg ada di blog ini kebetulan bukan mas...
      Soalnya AdSense udah saya copot lumayan lama dari blog ini...
      Dan tinggal beberapa blog aja yg masih saya pasangin AdSense hehe...

      Untuk yg ada di blog ini, iklannya dari Anonymous Ads mas, paymentnya via bitcoin :)

      Hapus
  58. Kenapa blognya pakai Anonymous Ads gan, bukannya Anonymous Ads lebih tinggi Google Adsense + Anonymous Ads juga susah cari uangnya, kan rata2 iklannya iklan luar negeri

    BalasHapus
    Balasan
    1. GoogleAds saya masangnya di blog2 yg lain mas :)
      Khusus blog ini saya emg cuma masang AnonymousAds + Affiliate Domainesia
      Entah kenapa utk blog ini saya lebih suka masang AnonymousAds
      Soalnya hampir tiap hari PO, biarpun gak saya urus hehe...

      Kalo GoogleAds justru PO-nya dr blog2 yg KDnya low jd ya saya sesuain aja...
      Yg cocok pasang GA pasang Ga,
      Yg cocok network A pasang network A dst

      *Maaf baru sempet liat moderasi komentar*

      Hapus
  59. bang saya mau tanya ada ga produk iklan yang sangat bagus selain adsense pada saat ini, soalnya mencoba daptar adsense di tolak mulu , mohon sosulinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditolaknya karena alasan apa gan? Page yg kaya disclaimer, contact, about, cookies udh dipasang semua? Niche blognya tentang apa? Kalo dr pengalaman saya, yg paling mudah di approve itu konten dengan niche tekno. Utk niche yg msh berhubungan dengan YMYL agak susah memang. Silahkan googling sendiri ya YMYL itu apa. Untuk alternatif lain, mungkin bisa coba MGID

      Hapus
  60. emang visitor harus berapa jika mau di terima di mgid

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu itu sih saya daftarnya pake situs yg uv-nya 3k/day via Histats.

      Hapus

Posting Komentar

Copyright © 2023

Cookies