[ADS] Top Ads

Cara Membuat dan Memasang Badge atau Lencana Google+ [Plus] di Blogspot


Ada yang belum tau apa itu Google+? Untuk anda yang belum tau, Google+ merupakan Social Networking milik Google, yang mulai diperkenalkan secara terbatas pada 28 Juni 2011 lalu, dan baru mulai dikenalkan secara umum pada 20 September 2011. Dan menurut informasi terakhir yang saya tau, hingga saat postingan ini di publish, Google+ sudah memiliki sekitar 40 Juta pengguna diseluruh dunia, yang jumlahnya terus bertambah setiap harinya. Dan jika anda belum memiliki akunnya, anda bisa melakukan registrasi melalui link berikut ini: http://plus.google.com/.

Dan untuk anda yang sudah memiliki Akun Google+ [Plus] serta ingin mengintegrasikan akun tersebut dalam bentuk sebuah widget yang dipasang di blog anda, anda bisa mengikuti panduan singkat saya dibawah ini:

1. Buka link berikut ini http://widgetsplus.com/, maka anda akan dibawa ke page berikut ini:

Sedikit pengenalan, Widgetplus bukan milik Google melainkan hanya sebagai pihak ketiga yang menyediakan Badge atau Lencana Google+ [Plus] yang bisa dengan sangat mudah dibuat dan dipasang di blog.

2. Klik Get Widget, maka tanpa reload anda akan dibawa ke penampakan berikut ini:

3. Tugas anda sekarang adalah mengisi Google+ ID dengan ID anda masing-masing. Lantas dari mana kita bisa mendapatkan ID Google+ kita? cukup LogIn ke akun Google+ anda dan klik nama anda sendiri, maka anda akan dibawa ke page milik anda, dan silahkan copy ID yang ada di address bar, lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini:

Nah, angka yang saya block adalah ID Google+ kita. Copy angka-angka tersebut ke area Google+ ID yang diminta oleh Widgetplus. dan atur settingan badge atau lencana yang ingin anda tampilkan sesuai dengan keinginan anda.

Pengaturan yang dapat anda lakukan antara lain:

Di Menu Basic Setting, anda dapat mengatur jenis font, lebar widget, bahasa yang ingin digunakan serta menampilkan update post terbaru anda di Google+ dengan mencentang kalimat Include update feed.

Di menu Main Area Setting, anda dapat mengatur warna background dan warna garis pembatas widget. Sebagai tambahan, anda dapat mengosongkan field background jika ingin membiarkannya tanpa warna atau transparant.

Di Menu title Setting, anda dapat mengganti teks yang ingin ditampilkan beserta warna fontnya.

Di menu Name text, anda dapat mengatur ukuran serta warna teks yang ingin ditampilkan.

Di Menu button, anda dapat mengatur lebar button, warna, ukuran, serta bordernya.

Dimenu bottom text, anda dapat mengatur besar kecil huruf untuk teks paling bawah beserta warnanya.

4. Jika, pengaturan sudah selesai, silahkan klik GET CODE, perhatikan gambar dibawah ini:


5. Dan tanpa perlu menunggu reload, anda akan dibawa untuk mengambil script kode badge atau lencana Google+ [Plus] anda, seperti pada gambar dibawah ini:

6. LogIn ke akun Blog anda masing-masing, masuk ke menu Rancangan atau Design
7. Klik Add Widget atau tambah Widget, pilih HTML/Javascript, dan copy kode badge atau lencana yang anda dapat tadi di field tersebut dan klik Save.
8. Widget badge atau lencana Google+ sudah berhasil tayang di Blog anda masing-masing.



Catatan: Jika tidak ingin memasangnya sebagai Widget anda dapat pula memasangnya dibawah postingan atau didekat Author Blog anda, dengan melakukan parse pada script badge atau lencana yang tadi anda dapatkan.

Good Luck.... :)


5 komentar

  1. aku punya google+ tapi gak da temennya.
    he.he.

    BalasHapus
  2. @ Labbay Modjo Lelo : Justru enaknya Google+ temennya kita yg undang kan dari Contact Email, jadi cuma orang2 yg mau kita ajak aja yg kita Circle :)

    BalasHapus
  3. makasih tutorialnya
    In 1 people's circles hihi...

    BalasHapus
  4. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat..
    Salam blogwalking

    BalasHapus
  5. Thanks postnya sudah saya baca....

    cukup menambah cepat selesainya memasang google plus badge saya..

    BalasHapus

Posting Komentar

Copyright © 2023

Cookies