-->

Khasiat Daun Katuk yang Baik untuk Kesehatan


Daun katuk merupakan salah satu jenis sayur yang sangat terkenal di kalangan ibu-ibu. Khususnya mereka yang sedang hamil atau menyusui. Hal ini karena tumbuhan daun katuk dipercaya memiliki kandungan yang sangat ampuh yang bisa digunakan untuk memperlancar ASI. Namun tahukah Anda kalau khasiat daun katuk sebetulnya tidak hanya untuk memperlancar ASI saja? Yap, selain bisa digunakan untuk memperlancar ASI, kabarnya tanaman yang satu ini juga amat bermanfaat untuk kesehatan. 


Manfaat Daun Katuk


Daun katuk adalah salah satu jenis tumbuhan yang banyak sekali ditemukan di wilayah Asia Tenggara. Tumbuhan ini memiliki tinggi antara 2 hingga 3 meter. Tak hanya bermanfaat untuk para ibu muda yang sedang hamil atau menyusui saja. Daun katuk pun dapat diolah menjadi lauk pauk sehari-hari. Seperti misalnya untuk dibuat sup atau bisa juga untuk diolah dengan cara di tumis. Daun ini memiliki rasa yang cukup manis, itulah mengapa daun katuk seringkali dibuat sayur bening dengan campuran jagung manis. Selain rasanya yang enak, daun katuk juga sangat baik bagi kesehatan. Nah, bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui, apa saja manfaat dari daun katuk bagi kesehatan, berikut ini adalah penjelasannya:


1. Menurunkan berat badan 


Manfaat daun katuk yang pertama adalah untuk menurunkan berat badan. Jika badan terlalu gemuk atau bisa dikatakan obesitas, maka kesehatan pun biasanya akan ikut menurun. Jadi bagi Anda yang memiliki rencana untuk diet, Anda bisa memanfaatkan daun katuk untuk mendukung program diet yang sedang Anda lakukan untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena daun katuk memiliki kandungan senyawa flavonoid yang dipercaya bermanfaat untuk mencegah kenaikan berat badan. Tetapi apabila Anda ingin menggunakan daun katuk untuk menurunkan berat badan. Alangkah jauh lebih baik, apabila Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu terkait hal ini dengan dokter atau ahli gizi supaya terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan. 


2. Menurunkan kolesterol 


Tahukah Anda, kalau daun katuk pun ternyata bermanfaat untuk menurunkan kolesterol? Sebuah studi ilmiah menunjukkan bahwa daun katuk dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Mengapa daun katuk dipercaya bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol? Hal ini karena di dalam daun katuk, terdapat kandungan beta karoten yang dipercaya sangat ampuh untuk menurunkan berat badan. 


3. Membantu menyembuhkan luka 


Benarkah daun katuk bisa digunakan untuk menyembuhkan luka? Di dalam daun katuk memang terdapat kandungan atau senyawa anti-inflamasi yang bisa digunakan untuk menyembuhkan luka. Tetapi perlu dilakukan penelitian atau pengujian lebih lanjut untuk memastikan hal ini serta untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Dengan begitu, kita bisa tahu benarkah daun katuk bisa digunakan untuk menyembuhkan luka atau tidak. 


Di atas adalah beberapa penjelasan mengenai khasiat daun katuk yang kami rangkum dari artikel berikut: https://herbana.id/id/produk/reliefsari-daun-katuk yang sangat baik untuk kesehatan. Selama ini, mungkin masih banyak masyarakat yang hanya mengetahui manfaat daun katuk sebagai jenis sayur yang bermanfaat untuk memperlancar ASI saja. Padahal dibalik itu semua, daun katuk sebetulnya memiliki banyak sekali manfaat selain beberapa hal yang sudah disebutkan di atas. Namun satu hal yang sangat penting dan harus Anda ingat, ialah konsultasikanlah hal ini terlebih dahulu dengan dokter atau bisa juga dengan tenaga medis atau ahli gizi yang memang kompeten. Kenapa? Karena kandungan senyawa yang ada di dalam daun katuk ditakutkan justru akan berbahaya bagi tubuh Anda bila dikonsumsi secara mentah dalam jumlah banyak. Terlebih jika Anda mengidap penyakit tertentu.


Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2020

Cookies