-->

Hobi Masak? Yuk, Ikutan Event Online Cooking Indonesia Memasak by Yummy App!


Pernah kepikiran untuk ikut kompetisi memasak? Saya pernah. Jujur, saya bahkan sempat kepikiran untuk ngikutin salah satu kompetisi memasak terbesar di Indonesia yang saat ini udah sampai season ke-7 itu. Oh ya beneran, sebelum akhirnya saya sadar kalau saya nggak bisa masak sama sekali hahaha #GUBRAK. Ya dikit-dikit mah bisa sih bikin simple dish dari bahan-bahan yang saya temuin di kulkas. Cuma kalau disuruh bikin dish yang bener-bener spesifik dan udah ditentuin kaya yang ada di acara itu, kayanya saya mending nyerah aja deh :D Apalagi pas nonton challenge yang disuruh milih macam-macam jenis ikan, wahhh nyerah wes (nyerah deh). Boro-boro disuruh bedain jenis ikan, lha wong makan ikan aja nggak pernah seumur-umur. Bisa tiap challenge masuk ke pressure test itu mah hahaha... intinya, saya belum berani untuk ikutan di kompetisi itu hehe... 



Sampai akhirnya secara nggak sengaja, saya nemuin sebuah info menarik tentang event online cooking terbesar di Indonesia yang akan berlangsung secara virtual pada tanggal 1-31 December 2020 mendatang. Nama event tersebut adalah Indonesia Memasak by Yummy App. Sebuah event, yang lagi-lagi kembali membangkitkan gairah memasak didalam diri saya, terutama untuk terus belajar dari "ahlinya" #Tsahhh #BahasaneRek :D 


Di event perdana-nya ini, IDN Media yang juga akan bertindak sebagai penyelenggara turut mengusung tema yang cukup menarik. Tau apa temanya? Temanya adalah "Exploring Nusantara Cuisine" alias "Jelajah Masakan Nusantara". Udah pada tau dong, seberapa kayanya Indonesia sama sajian khas nusantara-nya? hehe... So, it will be tricky. For example, hampir semua daerah di Indonesia memiliki sajian soto atau bahkan sambal yang berbeda. Begitu pula dengan street food-nya. Di kota saya (Tangerang) misalnya, sekalipun saya bisa nemuin beragam jenis soto dari beragam daerah di Indonesia, hampir semua soto disini dominan dengan rasa gurih yang hangatnya berasal dari "pepper" atau lada. Sementara tiap kali saya liburan ke Jogja misalnya, hampir semua soto yang pernah saya makan disana lebih dominan dengan rasa "ginger" alias jahe. Di Jogja itu enak banget, sumpah!!! mungkin karena udaranya yang lebih sejuk juga kali ya. But di Tangerang, saya pernah nyoba ngasih ginger yang jauh lebih banyak pas seasoning, dan rasanya justru kaya ada yang aneh. Itu kenapa saya bilang, masak masakan nusantara tuh sebetulnya lebih tricky dari kelihatannya. Karena biasanya, traditional foods and beverages dari sebuah daerah akan amat bergantung pada suhu udara dan bahan baku utama yang banyak di temui didaerah tersebut. Dikampung saya misalnya (Wonogiri, Jawa tengah), masyarakat jauh lebih familiar dengan sayur timbul ketimbang sayur nangka. Karena lebih mudah nemuin timbul ketimbang nangka. So, I think event ini bakal seru banget sih hehe...   


Dan yang bikin saya tambah tertarik nih ya, ternyata kita bisa nyoba re-cook atau nge-bagiin resep kreasi kita sendiri di aplikasi kuliner Yummy App. So, sambil nunggu salah satu kelas yang ingin kita ikuti dimulai... kita bisa "pemanasan" dulu dengan nyoba re-cook beberapa resep yang dibagikan disana. Sekaligus nyari insight menarik untuk dish yang akan kita ikutkan di kompetisi #JagoMasak periode selanjutnya. Gimana? Good idea kan hehe... 


Btw, sebelum rangkaian event "Indonesia Memasak Yummy" ini dimulai, sebenarnya sempat ada kompetisi memasak yang diadakan oleh IDN Media di aplikasi Yummy App. Nama kompetisinya adalah #JagoMasak. Kompetisi #JagoMasak sendiri dibagi kedalam 3 periode, yakni: Periode pertama di bulan Maret - Mei, Periode kedua di bulan Juni - Agustus & Periode ketiga yang baru aja rampung di bulan September - Desember. So, buat kamu yang ingin mengikuti kompetisi #JagoMasak ini di periode selanjutnya atau ingin belajar sekaligus mengasah kemampuan memasakmu disalah satu online cooking class "Indonesia Memasak by Yummy App". Kamu wajib untuk terlebih dahulu meng-install aplikasinya. 


Ready?


Mari kita install aplikasinya hehe...


1. Silahkan buka Google Play Store untuk pengguna android atau App Store untuk pengguna iOS. Dan ketikkan "Yummy App" di menu pencarian. Disini saya nyontohin pake android ya. 





2. Udah ketemu? kalau udah, silahkan install terlebih dahulu. 





Dan buat kalian yang mungkin agak kesulitan untuk nemuin aplikasi ini, silahkan pilih salah satu shortcut button di bawah ini sesuai dengan device atau perangkat yang kalian gunakan. 


Google Play Store Apple Store



3. Nah, sekarang mari kita buka aplikasinya.





4. Tampilannya kurang lebih kaya dibawah ini. Cukup simple dan nggak terlalu njelimet. Letak menu utama-nya juga nice banget, begitu buka aplikasi langsung keliatan di bagian bawah. 





5. Ok, mari kita coba buat akun terlebih dahulu. Caranya mudah, cukup pilih menu "Akun" yang ada dibagian kanan bawah dan pilih "Daftar Sekarang".




6. Nah sampai disini terserah kalian, mau daftar pake Gmail, facebook, atau manual by email. Disini yang saya contohin Continue with Email ya. Jadi, kalau yang kalian pilih Continue with Gmail atau Facebook, tinggal disesuaikan aja nanti. Btw, login Gmail atau facebooknya juga aman banget kok, via OAuth semua. So, kalian nggak perlu khawatir sama keamanan credentials login kalian. 





7. Lanjut, berhubung yang saya pilih adalah Continue with Email. Jadi, saya perlu ngisi form registrasinya terlebih dahulu. 





Ini syarat dan ketentuannya





Kalau sudah cukup jelas, kalian bisa langsung milih radio button yang bertuliskan "Menyetujui syarat & ketentuan". Kemudian pilih "Selesai".





8. Sekarang kita coba login ya. Silahkan masukkan email dan password yang kalian gunakan saat mendaftar tadi. Kemudian pilih "Masuk sekarang".





9. And taaa raaa... mari kita explore





10. Mulai dari bagian kanan bawah dulu ya, disitu ada menu Akun yang kalau saya klik isinya kaya gini.





Wait, Yummy Point tuh apan ya? kok bisa di redeem segala? hehe... kepo nggak sih? yuk kita lihat





Wow... bisa di convert ke rupiah ternyata. Semacem kompensasi kali ya untuk sebuah task yang kita selesaikan.


Bentar saya scroll dulu.


Ohhh, task-nya upload resep ternyata...





Saya coba klik ya button "Buat Resep"-nya





Eh bentar deh, berarti ujung-ujungnya ke menu "Tulis Resep" ya? 


Saya back dulu kalau gitu, biar kita masuk dari menu Tulis Resep aja hehe...


11. Nah, lebih jelas kan kalau dari sini. 





Ohhh ternyata setiap resep yang kita publish dapat rewards Rp 10.000 toh (setara dengan 100 Yummy Point). 


Menarik juga, sambil masak bisa dapat duit hehe :D


Ok, mari kita explore






Kurang lebih ada beberapa kolom yang harus kita isi jika ingin membagikan resep kreasi kita di aplikasi resep masakan yang satu ini. Kolom tersebut antara lain adalah, 

  • Judul Resep, 
  • Deskripsi Resep, 
  • Bahan-bahan, 
  • Cara Memasak, dan 
  • Foto resep atau foto utama dari dish yang sudah kalian buat





Panduan lengkapnya ada di sticky note yang paling atas. 




Atau untuk lebih jelasnya, bisa kalian lihat pada infografis yang saya buat dibawah ini:





12. Sekarang kita coba lihat ya, ada menu apaan aja di "Home"


Ok dari menu Home kita bisa langsung melakukan pencarian by recipe or chef




Ada Akun Official juga disitu, dan ada Chef Arnold ternyata hehe. Salah satu juri kesukaan saya di acara sebelah. 


Dibawah Akun Official, ada pengelompokan resep berdasarkan kategorinya. Ada western food, makanan korea, makanan hemat 10k dan rekomendasi resep pilihan. 






13. Ok, sekarang kita coba explore menu "Masak" ya. Isinya kaya gini:





Atau dengan kata lain, kita bisa nyari resep yang sesuai dengan bahan utama yang kita miliki di kulkas. 


Instruksinya sih suruh milih minimal 2 bahan atau lebih. Wait... saya cek kulkas dulu masih ada apaan aja. 





Wah, tinggal pisang sama cokelat ternyata. Bisa jadi resep apaan aja ya?


Yuk kita coba


Pertama, saya pilih cokelat dulu ya 





Terus, saya pilih pisang





Btw, kalian bisa manfaatin menu pencarian bahan yang ada tulisan "Di kulkas ada apa?"-nya itu supaya lebih mudah untuk nemuin bahan utama yang hendak kalian buat. Tadi saya emang sengaja nggak nyari dari sana, soalnya pengen liat-liat dulu ada bahan apaan aja hehe... 


Kalau udah, pilih "Terapkan" ya


Dan taaa raaa... ini hasilnya. Bisa dibuat pisang cokelat hehe... 





Kita pilih salah satu ya


Yang saya pilih ini, adalah resep buatan Chef Atik Haryono. katanya sih "Mudah sekali". Penasaran semudah apa? yuk kita scroll.





Bahan dasarnya sendiri, nggak terlau sulit untuk kita temui. Bahkan kesemua bahan tersebut setau saya ada di mini-market pinggir jalan.





Yang menarik perhatian saya lebih ke bagian "Cara Memasaknya" sih. Soalnya setiap langkah ada gambarnya ternyata. Dan kalau salah satu gambarnya saya pilih, resepnya akan berubah jadi vertikal. 







And after re-cook, kita bisa ngasih rating untuk resep yang baru aja kita ikutin atau nulis review dibagian komentar.







14. Dan setelah saya coba klik beberapa resep. Ternyata ada beberapa resep yang tersedia dalam bentuk video, ini contohnya. 





Keren... keren... keren... 


Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan aplikasi review makanan Yummy App menurut saya:


Kelebihan: Kekurangan:
UI & UX-nya bagus Tidak ada email konfirmasi yang masuk saat mendaftar menggunakan Email
Dapat Yummy Point untuk setiap resep yang kita upload Terdapat beberapa spot iklan (Sekalipun tidak terlalu menganggu)
Setiap langkah cara memasak di sertai dengan gambar
Ada estimasi waktu pada masing-masing resep




Wah kalau gini ceritanya mah, bakalan rugi banget kalau sampai nggak ikutan event-nya:D


So, buat kamu yang ingin mengikuti seluruh rangkaian acara IMY2020 alias Indonesia Memasak by Yummy App 2020. Silahkan catat jadwalnya, berikut ini (akan di update secara berkala):


Jadwal Workshop IMY2020


LINK REGISTRASI TEMA PEMBICARA JADWAL
WORKSHOP 1 : https://bit.ly/IMY2020-YWS1 HOW TO BECOME CULINARY CONTENT CREATOR CHUBBY TRAVELLER (NATASHA HALIM) & KEVINDRA SOEMANTRI Rabu, 2 Desember 2020. Jam 11:00 - 12:00 WIB
WORKSHOP 2 : https://bit.ly/IMY2020-YWS2 HEALTHY FOOD FOR KIDS KELINCI TERTIDUR (KUSHANDARI ARFANIDEWI) Jumat, 4 Desember 2020. Jam 14:30 - 16:00 WIB
WORKSHOP 3 : https://bit.ly/IMY2020-YWS3 INDONESIAN DESSERT NEXT LEVEL BITTERSWEET BY NAJLA Selasa, 8 Desember 2020. Jam 14:00 - 15:30 WIB
WORKSHOP 4 : https://bit.ly/IMY2020-YWS4 FOOD STYLING PHOTOGRAPHY DEVI NOVI Rabu, 9 Desember 2020. Jam 10:30 - 12:00 WIB


Jadwal Online Cooking Class (OCC) IMY2020 


LINK REGISTRASI MATERI PEMBICARA JADWAL
OCC 01 : https://bit.ly/IMY2020-OCC1 SAJIAN SEHAT INDONESIA EDDRIAN TJHIA Selasa, 1 Desember 2020. Jam 15:00 - 16:30 WIB
OCC 02 : https://bit.ly/IMY2020-OCC2 MINUMAN TRADISIONAL INDONESIA SUWE ORA JAMU Rabu, 2 Desember 2020. Jam 15:00 - 16:30 WIB
OCC 03 : https://bit.ly/IMY2020-OCC3 INDONESIAN FUSION FOOD MANDIF WAROKKA Kamis, 3 Desember 2020. Jam 15:00 - 16:30 WIB
OCC 04 : https://bit.ly/IMY2020-OCC4 SAMBAL NUSANTARA MARTIN PRADJA Sabtu, 5 Desember 2020. Jam 14:30 - 16:00 WIB
OCC 05 : https://bit.ly/IMY2020-OCC5 INDONESIAN STREET FOOD MARTIN PRADJA Minggu, 6 Desember 2020. Jam 14:30 - 16:00 WIB
OCC 06 : https://bit.ly/IMY2020-OCC6 OLAHAN KOPI INDONESIA DIANA CAHYA Senin, 7 Desember 2020. Jam 14:30 - 16:00 WIB
OCC 07 : https://bit.ly/IMY2020-OCC7 INDONESIAN FESTIVE CUISINES DESI TRISNAWATI Rabu, 9 Desember 2020. Jam 15:00 - 16:30 WIB
OCC 08 : https://bit.ly/IMY2020-OCC8 LEGENDARY INDONESIAN CUISINES DEGAN SEPTOADJI Jumat, 11 Desember 2020. Jam 14:30 - 16:30 WIB
OCC 09 : https://bit.ly/IMY2020-OCC9 JEJAK RASA (MAIN COURSE) DIMAS PUTRA PRATAMA Sabtu, 12 Desember 2020. Jam 14:30 - 16:00 WIB
OCC 10 : https://bit.ly/IMY2020-OCC10 JEJAK RASA (DESSERT) EDRIAN TJHIA Minggu, 13 Desember 2020. Jam 14:30 - 16:00 WIB


Jadwal Talkshow IMY2020



TEMA PEMBICARA JADWAL
VEGAN DENGAN BAHAN KHAS INDONESIA BURGREENS & ANABELA Kamis, 3 Desember 2020. Jam 10:00 - 10:45 WIB
ONLINE BUSINESS CULINARY ABRAHAM VIKTOR & ANDANU PRASETYO Jumat, 4 Desember 2020. Jam 10:00 - 10:45 WIB
BUSINESS GUIDE TO SURVIVING A PANDEMIC MIMI BAKE A BOO & ANSARI KADIR Kamis, 10 Desember 2020. Jam 15:00 - 15:45 WIB
INTRODUCING INDONESIAN CULINARY TO THE WORLD MANDIF WAROKKA & ADE PUTRI Jumat, 11 Desember 2020. Jam 10:00 - 10:45 WIB


Entertainment & online bazaar IMY2020 = Belum di konfirmasi


Kuy lah, kita ikutan event online cooking Indonesia Memasak by Yummy App.


Jujur, saya pribadi sih pengen banget ikutan OCC 06, yang Olahan Kopi Indonesia with Diana Cahya sama Talkshow yang Business Guide to Surviving a Pandemic with Mimi Bake A Boo & Ansari Kadir


Kalau kalian yang mana? share di kolom komentar ya 


Sampai ketemu di Zoom semua :)



12 komentar

  1. Pengen ikuuutttt... berarti nanti masaknya via zoom ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. #JagoMasak-nya udah kelar Vir untuk periode 3

      Kalau untuk Event "Indonesia Memasak by Yummy App", Iya betul.
      Ada yang Live via Yummy App dan ada yg Live via Zoom

      Untuk lebih detailnya, bisa follow akun Instagram Yummy App di : https://www.instagram.com/indonesiamemasakbyyummy/

      Hapus
  2. Itu beneran kak kategorinya?
    Ada masak hemat 10K
    Kreatif amat yg bkn resep, masih bisa nemu hidangan semurah itu hehe

    Moga menang ya utk semua yg mo ikutan

    Aku nyimak aja dari jauh
    Takut baper kalo deket2 #Eh



    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kok, coba cek aja di aplikasi Yummy App

      Btw, klo di deket rumah saya sini
      Masih ada lho tulangan sapi harga 5rb/kg wkwkwk
      Jd kategori masak hemat 10k masih cukup masuk akal klo buat saya
      (selama minyak dan bumbu2 rempahnya ada ya)

      Masih pada nunggu pengumuman tuh non utk #JagoMasak periode 3 hehe

      #Lah hahaha
      Justru klo kejauhan bisa tambah baper tau
      Apalagi klo yg diliatin tiba2 dideketin org lain #kaburrr

      Hapus
  3. Demen nonton acaranya apa demen ngeliat chef renata om? haha
    Sayang bgt si Yuri udh pulang.
    Padahal satu2nya yg pengen saya liat di acara itu cm Yuri jeketi

    Btw, gudlak buat kompetisinya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha... tau aja
      Demen 22'y um.

      Jagoin Yuri um kmrn?
      Kalo saya jagoin becca.
      Tp sama sih, udah pulang jg wkwkwk

      Thanks you :D

      Hapus
  4. Bro, mohon info dengan segera
    Untuk kelas OCC 06 - Olahan Kopi Indonesia
    Fixnya ditanggal brp ya? Hari inikah atau besok? Dan jam brp?
    Mohon di balas ya bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo bro,

      Untuk kelas OCC 06 sudah dipastikan, akan dilangsungkan hari ini ya (7 Desember 2020) Jam 14:30 -16:00 WIB (Info lebih lanjut: https://www.instagram.com/p/CIX02Flj_SI/)

      Daftar segera ya kalau bisa, takutnya form akan ditutup nanti siang :)

      Thanks

      Hapus
  5. Untuk kelas kopinya kpn ya? Hari ini kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, akan dilangsungkan hari ini (7 Desember 2020) Jam 14:30 -16:00 WIB (Info lebih lanjut: https://www.instagram.com/p/CIX02Flj_SI/)

      Daftar segera ya kalau bisa, takutnya form akan ditutup nanti siang :)

      Thanks

      Hapus
  6. oh, orangnya pindah kesini ya... td saya mampir ke blog yg lama eh tanggal updatenya udh kadaluarsa... hmmm, masak ya? kyknya gak banget deh... soalnya saya cm bisa masak 2 hal saja: masak air putih ama masak mie... udh... haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo um,

      Apa kabar? moga sehat2 ya disana hehe

      Nggak pindah kok um, kan dr dulu emg punya beberapa blog
      Cm yg ini lebih spesifik aja nichenya
      Klo di DJ Site kan sesuka hati saya mo nulis apaan
      Dan kebetulan blm sempet update post disana hihi...

      Ceritanya, abis sakit dulu itu udh nggak bisa makan mie lagi um
      Makanya nyoba2 masak yg lain
      Jd keterusan hahaha

      Hapus

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2020

Cookies