-->

#BeraniMaju: Belum Waktunya Berhenti Belajar, Upgrade Skill-mu Bersama Skill Academy!!!



Betul kata orang, nggak ada istilah terlambat untuk belajar. Saya ingat, beberapa tahun yang lalu ~ saat menghadiri sebuah acara wisuda yang diadakan oleh sebuah kampus swasta di bilangan Jakarta Selatan ~ ada seorang wisudawan yang usia-nya jauh melebihi usia saya. Bahkan bisa jadi melebihi usia para dosen, dekan, maupun rektor yang saat itu diberi kehormatan untuk mengesahkan "kelulusan-nya". Yap, usianya hampir mendekati 70 tahun. 


Bahkan dilain kesempatan, saat tengah mengikuti sebuah kursus Bahasa Jepang, saya sempat berbincang dengan seorang pesera kursus lain yang usianya hampir menginjak kepala 6 dan baru saja di karuniai seorang cucu. "Wow!!! that's amazing".


To be honest, saya benar-benar kagum sama semangat belajar mereka


Dan waktu itu, dalam hati saya cuma bisa berujar ~ "Saya ingin seperti mereka. Saya ingin terus belajar selamanya."


Sebuah motivasi yang sayangnya mulai agak mengendur karena keterbatasan waktu dan tenaga. Yap, sebuah alasan klasik yang umumnya digunakan untuk menggantikan kata "malas". So, kalau ada satu alasan utama yang membuat seseorang berhenti belajar. jawabannya sudah barang tentu bukan karena faktor usia. 


Singkat cerita, untuk membangkitkan "mood belajar" yang hampir padam ini. Saya sempat meminjam login student beberapa sepupu saya yang masih duduk di bangku kuliah, agar bisa ikut mempelajari materi kuliah mereka. But, karena itu bukan bidang saya dan bukan pula bidang yang cukup saya minati. I know, ini nggak akan berhasil. 


Sampai akhirnya saya ketemu sama sebuah platform pelatihan online yang materi kursusnya benar-benar "Gue banget". As you know, saya suka banget nulis dan saya suka banget nge-blog. But, seumur-umur saya belum pernah kepikiran untuk mempelajari teknik SEO maupun Copywriting. So, I don't know artikel atau konten seperti apa yang paling sering dicari atau disukai oleh para pembaca. Padahal disisi lain, teknik SEO dan Copywriting mutlak diperlukan oleh mereka yang ingin naik level ke tingkatan "blogger profesional". Oh, ya I know itu goal yang terlalu tinggi untuk saya capai. But, it's possible. Right? Saya ingat ada sebuah pepatah tua yang mengatakan, "kalau orang lain bisa, kita pun pasti akan bisa". Dan tolak ukurnya hanya satu, tergantung seberapa besar niat dan keinginan kita untuk berani maju dan terus mempelajari skill atau kemampuan yang baru. And I choose to try it. Saya memilih untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas diri saya. Karena saya ingin nge-blog dengan target yang jauh lebih jelas, like berapa banyak postingan yang ingin saya tulis dalam sebulan, berapa banyak pengunjung yang saya harapkan mau mampir ke blog ini untuk membaca tulisan saya setiap kali saya selesai menulis, atau sebarapa banyak orang yang nantinya akan mengenal saya sebagai seorang blogger? And I think Skill Academy bisa menjadi salah satu platform yang dapat membantu saya mewujudkan hal itu. 




Nah, buat kalian yang belum meng-install nya, kalian bisa dengan mudah menemukan aplikasi ini di Google Play Store dengan mengetikkan kata kunci "Skill Academy". Atau supaya lebih mudah, kalian bisa langsung mengklik button dibawah ini:


Google Play


Kalau sudah, silahkan buka aplikasi Skill Academy yang baru saja kalian unduh


Kemudian pilih menu "Lainnya" yang berada tepat di pojok kanan bawah (yang titiknya ada tiga)



Lalu silahkan pilih tombol DAFTAR untuk kalian yang belum memiliki akun, atau tombol MASUK jika sebelumnya kalian sudah pernah membuat akun di Skill Academy. 



Nah setelah berhasil login, kalian bisa melihat berbagai kategori kursus seperti; pengembangan diri, teknologi dan software, pemasaran, mentoring, bisnis dan keuangan, persiapan tes serta prakerja dibagian atas menu "Beranda"


Atau jika belum memiliki gambaran, kelas seperti apa yang hendak kalian ikuti. Silahkan scroll ke bagian bawah.




Disana kalian bisa mendapati deretan kelas terbaru, kelas terlaris, kelas yang sedang diskon, serta kelas pilihan editor alias editor's choice.




Atau buat kalian yang lebih suka belajar sambil berinteraksi dengan para mentor atau peserta kursus lain, tersedia pula kategori kelas mitra. Dimana dalam kelas ini, kalian bisa mengikuti pelatihan dalam bentuk webinar.


Gimana? asik kan? hehe


Oiya, buat kalian yang baru saja dinyatakan lolos dalam program kartu prakerja. Kalian juga dapat mengikuti berbagai kelas di Skill Academy melalui mitra resmi Prakerja seperti Bukalapak atau Pintaria. Ada banyak kelas ber-label Prakerja yang bisa kalian beli dengan menggunakan saldo pelatihan kalian. 



Nah, karena diawal tadi saya sempat mengatakan cukup tertarik pada kelas SEO dan Copwriting. Maka ke-2 kelas tersebut lah yang akhirnya saya pilih. Namun supaya saling terkait, saya putuskan untuk memilih paket "Teknik Lengkap Memasarkan Produk Secara Online". Dimana dalam paket ini, ada 6 kelas yang bisa saya ikuti, termasuk 2 kelas yang sejak awal ingin saya ikuti.




Nah, setelah kelas berhasil dibeli. Langkah selanjutnya adalah mengikuti kelas tersebut. 


Silahkan pilih menu "Kelas Saya". Dan klik nama kelas yang telah kalian beli. Contohnya ini:




Nantinya, setelah berhasil menyelesaikan kelas tersebut dan mengikuti Final Exam. Kalian akan mendapatkan 2 sertifikat sekaligus. Yakni, Sertifikat Selesai Materi (Certificate of Completion) dan Setifikat Lulu Exam (Certificate of Excellence). Sertifikat tersebut bisa kalian unduh dan kalian pergunakan layaknya sertifikat kursus pada umumnya. Atau jika ingin "sedikit pamer" didepan teman-teman kalian, kalian bisa menyalin tautan sertifikat tersebut dan membagikannya di akun media sosial kalian. 




Sampai disini, kalian telah berhasil menyelesaikan 1 kelas dan mempelajari sebuah skill atau kemampuan baru yang diharapkan dapat berguna untuk menunjang produktivitas kalian saat ini. 


Oiya, mungkin ada diantara kalian yang bertanya-tanya. Kenapa harus Skill Academy? Bukankah masih banyak lembaga kursus lain yang menawarkan matei belajar secara online?


That's right. I know ada banyak platform kursus lain yang mungkin menawarkan materi serupa, dengan biaya yang bisa jadi jauh lebih murah dari pada yang ditawarkan oleh Skill Academy. But, I don't need theory. Saya butuh kursus yang memang dimentori oleh seorang yang sudah lama berkecimpung dibidang itu, dan mampu memberikan study kasus berdasarkan pengalamannya sendiri. Dan di Skill Academy, saya bisa dengan mudah menemukan hal itu. Untuk kelas SEO misalnya, materinya diisi langsung oleh Mas Ilman Akbar yang memang merupakan praktisi SEO sekaligus Product Manager dari Traveloka.com. Dan dengan rating rata-rata 4,9 dari 20 ribu user lebih. Buat saya ini kelas yang cukup worth it untuk di ikuti. 


Kenapa saya bilang worth it?


Karena ada beragam manfaat yang saya dapatkan setelah mengikuti kelas tersebut. Manfaat Skill Academy yang paling saya rasakan adalah perubahan mindset yang mulai saya terapkan saat hendak menulis sebuah postingan baru. Dulu, saya akan langsung menuliskan hal apapun "yang ingin saya tulis" tanpa pernah memikirkan kebutuhan dari para pembaca. But now, saya usahakan untuk terlebih dahulu me-riset kata kunci sebelum mulai menulis. Terutama kata kunci dengan kompetisi yang cukup rendah. Minimal, supaya apa yang saya tulis dapat lebih mudah muncul dalam hasil pencarian. Dan mampu memberikan manfaat bagi mereka yang akhirnya memutuskan untuk mengklik judul postingan tersebut. 


You know, ada kepuasan tersendiri saat apa yang saya tulis dapat diapresiasi orang lain dengan kalimat "thank you atau terima kasih"


Itu cerita saya. 


Buat kalian yang mungkin memiliki pengalaman serupa dengan Skill Academy. Kalian bisa membagikan ceritanya di kolom komentar :)


Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2020

Cookies