-->

Toyota Raize vs Daihatsu Rocky, Mana Yang Lebih Unggul?


Beberapa waktu lalu, kelas compact SUV kedatangan 2 pendatang baru dengan desain yang hampir serupa. Yakni Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Sekalipun "nyaris sama", duo compact SUV ini nyatanya memang memiliki spek yang cukup berbeda. Dan hal ini jugalah yang membuat harga Toyota Raize menjadi jauh lebih mahal ketimbang Daihatsu Rocky. Padahal jika ingin menilik kebelakang, duo SUV ini sebetulnya di produksi di pabrik yang sama. Yakni pabrik produksi milik PT. Astra Daihatsu Motor (ADM). Karena seperti yang telah sama-sama kita ketahui, sejak dulu Toyota dan Daihatsu memang memiliki hubungan yang cukup harmonis di bursa otomotif tanah air. 


Lantas apa saja perbedaan diantara keduanya? 


Toyota Raize vs Daihatsu Rocky



Sebetulnya, jika ingin diamati lebih dekat. Desain eksterior diantara keduanya pun tidak 100% sama. Berbeda dengan duet maut para pendahulunya yang hampir 11 12, seperti: Agya dan Ayla, Rush dan Terios, atau Avanza dan Xenia. Raize dan Rocky memiliki eksterior yang cukup berbeda. Sekalipun memiliki bentuk lampu depan yang "nyaris sama", ada kesan elegan yang jauh lebih kental pada desain eksterior Daihatsu Rocky. Berbeda dengan kembarannya yang terlihat jauh lebih sporty. Dari sini saja, kita bisa langsung membedakan keduanya. Namun supaya jauh lebih lengkap, mari kita compare beberapa part lain dari Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.


1. Beda fitur


Karena di produksi dengan platform yang sama, baik Toyota Raize maupun Daihatsu Rocky sebetulnya memiliki fitur yang hampir sama. Yakni sama-sama memiliki fitur, erroneous start pervention, rear parking sensor, seatbelt warning, serta crash avoidance breaking function. Kendati demikian, Daihatsu menyematkan beberapa fitur tambahan pada seri Rocky-nya, yakni: Fitur entertain yang terintegrasi langsung dengan Daihatsu Connect, blind spot monitor, rear cross traffic alert (RCTA), lane keep control, hingga next generation smart assist. Serupa dengan itu, Toyota juga membenamkan fitur Smart Assist Plus pada seri Raize-nya. Dengan berbagai fitur canggih seperti: adaptive cruise control, mis-pedal operation control, pre-collision warning, pre-collision brake, panorama monitor, smart panorama parking assist, side view lamp, auto high beam, hingga lane keep control. 


2. Beda Varian


Daihatsu Rocky hadir dengan 5 varian dasar, yakni: 


  • Daihatsu Rocky 1.0 R TC MT, 
  • Daihatsu Rocky 1.0 R TC MT ADS, 
  • Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT, 
  • Daihatsu Rocky 1.0 R CVT ADS, dan 
  • Daihatsu Rocky 1.0 R CVT ASA


Sementara Toyota Raize, hanya akan dijual dalam 4 varian dasar, yakni:


  • Toyota Raize 1.0T G MT
  • Toyota Raize 1.0T G CVT
  • Toyota Raize 1.0T GR Sport CVT
  • Toyota Raize 1.0T GR Sport CVT TSS 


Dimana masing-masing varian dasar tersebut akan terbagi lagi kedalam beberapa pilihan warna yang berbeda.


3. Beda Harga


Sekalipun sama-sama telah terdaftar dalam list penerima insentif PPnBM bagi mobil baru. Baik Toyota Raize maupun Daihatsu Rocky dijual di range harga yang cukup berbeda, yakni 219-263 jt untuk Toyota Raize. Dan 216-237 jt untuk Daihatsu Rocky. Menurut pihak ADM, ada perbedaan spesifikasi yang membuat harga keduanya terpaut cukup jauh. 


Kendati demikian, baik Toyota Raize maupun Daihatsu Rocky, sama-sama mengusung spesifikasi mesin yang sama untuk pasar tanah air, yakni 1.0-liter turbo dan 1.2-liter. 


Nah, berdasarkan beberapa data diatas ~ menurut kalian sendiri, SUV mana nih yang lebih unggul? Toyota Raize kah atau justru Daihatsu Rocky yang sebetulnya jauh lebih murah? Jangan lupa kasih alasanannya ya :)


Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2020

Cookies