8 Keunggulan Ruangbelajar dari Ruangguru


Sebagai orang tua, tentu tak pernah terpikir oleh kita akan ada metode pembelajaran jarak jauh seperti sekarang ini. Itulah mengapa di awal pandemi dulu, banyak dari kita yang bahkan baru mulai mempelajari cara menggunakan aplikasi meeting seperti zoom maupun google meet. Karena dalam situasi normal, rasa-rasanya tak akan ada yang kepikiran untuk menggunakan kedua aplikasi meeting tersebut. Bahkan tak lama setelah itu, WhatsApp mulai memperkenalkan sebuah fitur baru yang memungkinkan guru melakukan panggilan video kepada para siswa. Yap, dari sini kita tahu bahwa teknologi terus berkembang mengikuti kebutuhan zaman.


Begitupun dalam bidang pendidikan. Jika dulu, anak perlu membeli buku cetak dan LKS sebagai modul belajarnya. Saat ini, orang tua dapat memangkas "biaya buku" dengan mendaftarkan anak di aplikasi belajar. Di Ruangguru misalnya, orang tua hanya perlu membayar biaya berlangganan sebesar 675 ribu rupiah untuk layanan belajar online terbaik yang akan didapatkan anak selama setahun penuh. Bandingkan dengan biaya yang harus kita keluarkan untuk membeli buku cetak dan LKS, sebelum masa pandemi dulu. Jauh lebih murah bukan? Hal inilah yang menjadikan aplikasi Ruangguru kian populer dimata para orang tua dan siswa. 


Keunggulan Aplikasi Belajar Ruangguru


Selain biaya berlangganan yang cukup terjangkau, ada beberapa keunggulan lain yang ditawarkan Ruangguru melalui produk Ruangbelajar-nya. Beberapa keunggulan tersebut antara lain adalah:


1. Dukungan aplikasi lintas platform



Tak hanya tersedia dalam versi mobile, Ruangbelajar juga dapat diakses melalui laptop dengan menggunakan aplikasi Ruangguru for Desktop. Aplikasi ini tersedia bagi para pengguna Windows maupun MacOS. 


2. Fitur yang memungkinkan anak mengatur jadwal belajarnya sendiri



Layaknya sekolah sungguhan, anak bisa mengatur jadwal belajarnya sendiri. Dengan begitu anak bisa belajar dengan lebih teratur. Sesuai jadwal yang telah mereka rancang sendiri. Nantinya, akan muncul notifikasi di gadget mereka, yang menandakan bahwa waktu belajar telah tiba. 


3. Tersedia fitur teman belajar



Saat belajar mandiri. anak seolah merasa sedang melakukannya seorang diri. Hal inilah, yang kadangkala menurunkan semangat juangnya untuk terus belajar. Itulah yang kemudian mendorong Ruangguru menghadirkan fitur teman belajar. Dengan fitur ini, anak bisa memilih 1 dari 3 karakter yang akan menemaninya belajar. 


4. Tersedia fitur Ruangguru Adventure



Anak-anak umumnya akan menghabiskan waktu berjam-jam lamanya untuk memainkan game yang mereka gemari. Hingga kadang lupa waktu untuk sekedar makan atau mandi. Hal ini karena mereka melakukan apa yang digemarinya. Berkaca dari hal ini, Ruangguru berusaha menciptakan suasana belajar yang jauh lebih efektif dengan menghadirkan fitur gamification. Dengan fitur ini, anak seakan sedang memainkan sebuah game online dalam proses belajarnya. Setiap kali berhasil menyelesaikan sebuah materi baru, anak akan mendapatkan reward berupa XP dan Gold untuk membantunya naik ke level selanjutnya. Anak juga dapat membeli item tertentu dari poin-poin yang berhasil didapatkannya. Dengan begitu, anak terpacing untuk terus belajar. Karena mau tidak mau, ia harus menyelesaikan sebuah materi baru atau mengerjakan sebuah latihan soal untuk mendapatkan XP dan Gold


5. Uji kemampuan belajar dengan fitur asah otak



Bun, yah... masih ingat dengan acara cerdas cermat yang sempat mewarnai masa kecil kita dulu?  Di Ruangbelajar, ada fitur serupa yang memungkinkan anak mengasah kemampuannya dengan cara menjawab soal serta teki-teki. Dari sini anak dapat turut mengukur kekuatan serta kelemahannya. 


Untuk setiap jawaban yang salah misalnya, Ruangguru akan memberikan sebuah video rekomendasi yang bisa ditonton anak untuk meningkatkan pemahamannya. 


6. Persiapkan ujian dengan fitur konsep kilat



Menjelang ujian, anak-anak umumnya lebih suka belajar dengan sistem SKS alias sistem kebut semalam. Hal inilah yang mendrorong Ruangguru menghadirkan fitur konsep kilat. Yakni rangkuman dari materi yang telah diseleksi dengan durasi yang jauh lebih singkat. Dengan fitur ini, anak tidak perlu mempelajari keseluruhan materi yang belum tentu diujikan. Mereka cukup mempelajari materi inti yang akan membantu mereka memahami keseluruhan materi dalam waktu yang jauh lebih singkat.  


7. Ratusan ribu bank soal yang bisa dipelajari secara gratis



Tahukah kamu, kalau para guru pun sebetulnya turut memanfaatkan aplikasi belajar Ruangguru untuk menciptakan soal UAS dan UTS untuk anak-anak kita. Itu artinya, sedikit banyak apa yang dipelajari anak di Ruangbelajar akan cukup "relate" dengan soal yang harus mereka kerjakan disekolah. Tentu hal ini akan sangat menguntungkan anak, karena bisa jadi soal yang pernah dikerjakannya dalam latihan bab, justru ikut muncul dalam soal UAS atau UTS-nya.


8. Adanya laporan belajar yang bisa dipantau oleh para orang tua



Dengan fitur ini, orang tua dapat memantau perkembangan belajar anak. Mulai dari jumlah video belajar yang telah ditontonnya hingga nilai yang didapat anak dalam latihan soal yang dikerjakannya. Nantinya, akan ada nilai rata-rata yang akan didapatkan anak diakhir semester. 


Dengan beragam keunggulan tersebut, Ruangbelajar by Ruangguru diharapkan mampu memperbaiki prestasi akademik anak disekolah. Baik dari segi nilai maupun karakter. Supaya ketika lulus nanti, anak bisa masuk ke kampus yang telah di idam-idamkannya. Tersedia guru-guru terbaik yang siap membantu putra putri kita meraih hasil maksimal dalam proses belajarnya. Ruangguru merupakan pilihan terbaik para orang tua yang peduli pada perkembangan belajar anak. 


Posting Komentar

Copyright © 2021

Cookies