Punya Soal Sekolah yang Sulit Untuk Dikerjakan, Tapi Bingung Mau Nanya ke Siapa? Tanya Robuguru Aja!


Pernah nggak sih kalian dapat soal yang pembahasannya bahkan nggak ada sama sekali di materi/modul belajar yang diberikan? pernah lah ya. Karena dari zaman dulu pun, hal ini sebetulnya sering terjadi. Entah karena guru-nya yang terlalu "out of the box", atau siswanya yang memang diminta lebih kreatif untuk mencari tau serta mempelajarinya sendiri. Yang pasti, soal semacam ini betul-betul menyulitkan para siswa. 


Jangankan nyontek, teman yang kita rasa paling pintar dikelas pun biasanya akan mengalami kesulitan yang sama saat menghadapi soal semacam ini. Maka satu-satunya solusi yang bisa kita lakukan adalah dengan mencari tau jawaban soal tersebut di internet. Masalahnya, kita tidak dapat mengukur tingkat akurasi dari jawaban yang diberikan. Terlebih jika itu adalah jawaban dari soal matematika. Karena kita sendiri pun, sebetulnya tidak tahu bagaimana cara untuk menyelesaikannya. Hal ini justru akan menyulitkan kita, jika saat dikumpulkan nanti kita justru diminta menunjukkan langkah-langkah untuk menyelesaikannya. 


Tanyakan Soal Sekolah Tersulitmu ke Roboguru


Untungnya, saat ini ada solusi belajar di Roboguru. Sebuah layanan yang diciptakan Ruangguru untuk membantu para siswa yang kesulitan  menjawab berbagai soal yang diberikan oleh gurunya. Tak hanya soal matematika, kita bisa menanyakan soal lain seperti fisika, biologi, kimia, sejarah hingga bahasa inggris. Caranya mudah, kamu bisa langsung menanyakannya di forum Roboguru maupun melalui fitur WhatsApp Roboguru yang tersedia di aplikasi Ruangguru.


Supaya lebih jelas, mari kita coba bahas satu-persatu.


1. Tanya Roboguru via Forum



Untuk menggunakan layanan ini, kalian perlu terlebih dahulu membuka tautan berikut: https://roboguru.ruangguru.com/create-forum. Ditautan tersebut tersedia sebuah form pertanyaan yang bisa kalian isi. Caranya mudah, cukup pilih jenjang pendidikan kalian, mulai dari SD hingga SMA. Lalu pilih mata pelajar yang yang soalnya ingin kalian tanyakan. Kemudian ketikkan soal tersebut di kolom pertanyaan. Jika sudah, silahkan klik tombol "Tanya". 


Yap, sebelum mulai bertanya kalian harus terlebih dahulu login ke akun Ruangguru. Maka untuk melanjutkan pertanyaan ini, silahkan login ke akun Ruangguru kalian masing-masing. Atau buat kalian yang belum memiliki akun Ruangguru. Silahkan buat akunnya terlebih dahulu. Kalian bisa membuatnya dengan menggunakan email serta nomor handphone. Jika sudah, silahkan publish pertanyaan tersebut dengan memilih tombol "Tanya". 


Nantinya, pertanyaan kalian akan muncul di forum diskusi Roboguru. Dimana siswa lain maupun master teacher akan segera menjawabnya. Usahakan untuk mengetikkan pertanyaanmu selengkap mungkin. Agar para master teacher dapat memberikan pembahasan soal di Roboguru secara lebih optimal.


Selain soal sekolah, kalian bisa menanyakan soal lain seperti SBMPTN maupun STAN.  


2. Tanya  Roboguru via WhatsApp



Untuk memanfaatkan fitur ini, kalian harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi Ruangguru di gadget kalian masing-masing. Jika sudah, kalian bisa langsung membuka aplikasi ruangguru dan mencari menu WhatsApp roboguru. Setelah memilih menu tersebut, kalian akan langsung diarahkan ke aplikasi WhatsApp yang terhubung langsung dengan nomor roboguru. Cukup kirimkan pesan "Roboguru" (tanpa tanda petik) ke nomer tersebut. Dan tunggu balasan dari Roboguru. Nantinya Roboguru akan terlebih dahulu menanyakan jenjang pendidikan kalian beserta mata pelajaran yang soalnya hendak kalian tanyakan. Cukup jawab pertanyaan tersebut dengan angka 1,2,3,4 atau 5. Kemudian ketik pertanyaan kalian selengkap mungkin. Atau jika dirasa sulit untuk mengetikkannya, kalian bisa memotretnya lalu mengirimkan foto dari soal tersebut ke nomer WhatsApp Roboguru tadi.


Nah, sampai disini kalian hanya perlu menunggu balasan dari Roboguru. Nantinya roboguru akan mengirimkan tautan menuju materi pembahasan yang dirasa paling sesuai dengan soal yang kamu kirimkan. Dari pembahasan tersebut, kamu diharapkan mampu menyelesaikan soal tadi secara mandiri. Sehingga pada akhirnya, kamu dapat betul-betul memahami soal tersebut. 


Dengan fitur ini, siswa diharapkan mampu menyelesaikan setiap soal yang diberikan oleh gurunya. Dengan cara yang paling mudah untuk mereka mengerti. Dengan bantuan Roboguru, soal sesulit apapun pasti mampu untuk kamu kerjakan dengan baik. 

Posting Komentar

Copyright © 2021

Cookies