[ADS] Top Ads

Ingin Sewa Hosting? Yuk, Simak 5 Hal Penting Berikut Ini!


Saat hendak membuat sebuah website, hosting jadi salah satu hal terpenting yang harus kamu pikirkan setelah memilih nama dan ekstensi domain. Karena di hosting inilah nantinya seluruh file yang ingin kamu tampilkan dalam website tersebut disimpan. Bahkan bisa dibilang, pemilihan hosting jadi aspek yang jauh lebih krusial dibandingkan pemilihan nama domain. Mengapa demikian? karena ada banyak hal yang harus lebih dulu kamu pertimbangkan sebelum memilih layanan hosting yang tepat.


Memilih Hosting Terbaik




Umumnya, harga yang murah menjadi prioritas utama kita saat mesti menentukan dimana kita akan menyewa layanan hosting. Tak salah memang, namun tentu resikonya menjadi semakin besar. Tak hanya resiko kehilangan data karena suspend sepihak dari penyedia hosting yang mungkin hanya reseller, namun juga resiko peretasan dan ancaman malware yang bisa saja berpengaruh pada hasil pencarian website kita di mesin pencari. Itulah mengapa, sebelum menyewa hosting ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan terlebih dahulu, seperti:


1. Lokasi datacenter dari hosting yang hendak kamu beli




Tak sedikit dari kita yang memilih Hosting USA atau SG (Singapore), karena jaminan uptime-nya yang diklaim mencapai 99,9%. Padahal jika sejak awal website tersebut dibuat untuk menargetkan user dari dalam negeri. Tentu, memilih hosting IIX menjadi tindakan yang jauh lebih tepat. Biznet Gio menjadi salah satu provider hosting lokal dengan kualitas datacenter terbaik di Indonesia. Tak hanya menawarkan garansi uptime server hingga lebih dari 99.9%, Biznet Gio juga didukung dengan jaringan lokal tercepat yang mencapai 10 Gbps. Bersama Biznet Gio, saatnya kamu say goodbye dari layanan hosting yang dikit-dikit tumbang saat ingin diakses.


2. Kapasitas hosting




Pernah nggak sih kalian ngeliat iklan hosting dengan embel-embel unlimited disk and bandwidth? Dan begitu liat harganya, ternyata jauh lebih murah ketimbang paket hosting yang hanya memberikan space sebesar 1 atau 2 GB misalnya. Kalau pernah, jangan dulu tergiur dan langsung membelinya. Karena umumnya, layanan hosting semacam ini tidak secara terang-terangan memberitahu limitasi inodes yang mereka perbolehkan. Oh iya, buat kamu yang masih asing dengan istilah inodes. Inodes sendiri bisa kamu artikan sebagai jumlah data yang bisa kamu simpan di hosting tersebut. Misal, Jika di websitemu ada 5 folder, dan masing-masing folder berisi 5 gambar dan 5 file. Itu artinya jumlah inodes yang dihitung adalah 55, karena ada 5 folder + 25 gambar + 25 file. Masalahnya di hosting unlimited, keterangan ini biasanya tidak ditampilkan di panel hosting. Berbeda dengan penyedia hosting yang menawarkan paket disk space sebesar 1 atau 2 GB misalnya. Umumnya, mereka jauh lebih transparan saat memberitahu detail-detail kecil seperti halnya inodes.


3. Faktor Security atau keamanan




Seperti yang telah kita bahas diawal tadi; ada resiko kehilangan data, peretasan hingga ancaman malware yang jauh lebih besar, saat kita menyewa hosting di provider yang "salah". Dan saya pernah mengalami hal ini. Singkat cerita, ada sebuah notifikasi dari Google search console yang kurang lebih memberitahu kalau website saya di hack. Nggak cuma 1, tapi 5 website yang saya hubungkan ke hosting yang sama. Dan jujur awalnya saya nggak ngeh, yang dihack tuh apanya? Karena pas saya coba cek, mulai dari halaman dashboard, homepage sampai postingan sama sekali nggak ada yang kelihatan aneh. Sampai akhirnya saya sadar, kalau si malware ini ternyata bisa bikin halaman statis sendiri (diluar CMS wordpress yang saya gunakan) dan merubah index atau hasil pencarian website saya ke bahasa "Jepang". Dimana setelah saya telusuri, nama malwarenya adalah "Japanese Keyword Hack". Nggak kehitung, udah berapa plugin security yang saya pakai untuk membasmi malware ini. Dan berapa kali saya scan ulang hosting saya, sebelum saya putuskan untuk migrasi ke hosting lain. So, buat kamu yang nggak ingin membuang waktu, tenaga dan juga materi hanya untuk membereskan hal-hal semacam ini. Usahakan untuk menyewa hosting di provider yang tepat seperti Biznet Gio.


4. Support atau after sales-nya




Umumnya, para penyedia hosting membebaskan kita untuk memilih paket monthly maupun annualy. Dengan harga sewa annualy yang jauh lebih murah. Namun jika ragu, sebetulnya kamu dapat lebih dulu mencoba paket monthly, hitung-hitung sebagai trial. Disini kamu bisa mulai menilai, bagaimana support atau after sales dari provider tersebut. Seberapa cepat mereka menjawab dan menanggapi setiap keluhan yang kita sampaikan? Serta bagaimana kualitas dari layanan hosting mereka selama 1 hingga 3 bulan pertama misalnya? Jika cukup puas, kita bisa mengubah billing cycle-nya ke annualy. Namun jika sebaliknya, kita bisa langsung melakukan backup untuk memindahkan seluruh data website kita ke provider lain.


5. Reputasi dari provider hosting tersebut




Saat memilih hosting, carilah provider yang minimal telah memiliki reputasi yang cukup baik dari berbagai perusahaan besar, instansi pendidikan, maupun instansi pemerintahan. Karena hari-hari ini, review atau ulasan menjadi hal yang amat mudah untuk dimanipulasi. Dibanding 100 ulasan dari akun anonim, tentu jauh lebih kredibel 1 ulasan dari instansi besar yang telah sering kita dengar namanya.

Biznet Gio menjadi salah satu provider Free Unlimited Domain Hosting terbaik di Indonesia, dengan reputasi yang tak perlu diragukan lagi. Sebagai provider Hosting IIX tecepat di Indonesia, ada berbagai promo dan penawaran menarik yang diberikan Biznet Gio dibulan kemerdekaan ini


Diskon hingga 25% untuk layanan NEO Web Hosting dan NEO Dedicated Hosting

Kata siapa nyewa cloud server & storage itu mahal? Dapatkan diskon hingga 25% untuk kamu yang ingin mencoba layanan dari NEO Web Hosting, bisa memilih dedicated server. Kamu akan mendapatkan diskon 25% dan sudah termasuk biaya pembelian domain.

  1. Diskon berlaku untuk layanan NEO Web Hosting dan NEO Dedicated Hosting
  2. Kode Voucher NEO Web Hosting: NEOWH25 (Sudah Termasuk Domain)
  3. Kode Voucher NEO Dedicated Hosting: NEODH25
  4. Kode Voucher dapat diaktifkan pada periode promo: 20 Agustus 2021 – 20 November 2022 di https://web.neo.id
  5. Diskon hanya dapat digunakan untuk billing cycle annual
  6. Diskon hanya berlaku untuk pengguna baru
  7. Kode promo hanya dapat di-redeem sebanyak satu kali untuk setiap akun yang sudah terdaftar

Nah, itulah 5 hal penting yang harus kamu pertimbangkan telebih dahulu sebelum memilih hosting yang tepat untuk websitemu. Jangan korbankan kualitas hanya karena harga yang sedikit lebih murah. Karena data website-mu jauh lebih berharga. Dan yang terakhir, usahakan kenyamanan maksimal bagi seluruh pengunjung website-mu dengan mengunakan hosting super cepat dengan performa yang handal dari Biznet Gio.

Bersama Biznet Gio, #WaktunyaMerdeka dari harga mahal dan loading lemot.


Posting Komentar

Copyright © 2021

Cookies