[ADS] Top Ads

Inilah, 10 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan


Hampir setiap masakan menggunakan bawang putih sebagai bumbu rempahnya. Hal ini karena aroma dan cita rasanya yang begitu kuat. Tak hanya melezatkan masakan, bawang putih pun dipercaya mampu mencegah penyakit kanker hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Jika kuat dengan rasa dan aromanya yang cukup tajam, kamu bisa langsung mengkonsumsinya dalam keadaan mentah. Atau jika ingin sedikit lebih soft, kamu bisa membakar atau memanggangnya terlebih dahulu. 


Manfaat Bawang Putih



Bawang putih sendiri mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti: karbohidrat, protein, serat, vitamin, hingga mineral penting seperti kalsium. Berikut, sederet manfaat bawang putih bagi kesehatan:


1. Meningkatkan daya tahan tubuh


Kalian tentu masih ingat bukan, bahwa diawal-awal pandemi dulu harga bawang putih sempat melonjak cukup tinggi karena khasiatnya yang dianggap mampu menyembuhkan Covid-19. Namun benarkah demikian? Tentu kita perlu menunggu penelitian lebih lanjut untuk menjawab hal ini. Namun dari salah satu study yang dirilis oleh American Family Physician kita akhirnya tahu bahwa mengkonsumsi bawang putih secara rutin tak hanya dapat mencegah flu atau influenza, melainkan dapat pula meringankan gejalanya. Itu artinya, ada reaksi yang cukup positif pada sistem imun kita. Dimana hal yang sama bisa saja terjadi pada orang yang terinfeksi Covid-19. 


2. Menurunkan tekanan darah tinggi


Disisi lain, bawang putih juga diklaim mampu menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini bahkan telah didukung oleh sebuat riset yang dipublikasikan pada laman The Journal of Nutritional Biochemistry. Dalam jurnal tersebut, para peneliti dari Ankara University mendapati, bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi ekstrak bawang putih mengalami penurunan tekanan darah secara signifikan dalam rentang waktu 4 bulan. Tak hanya itu, mereka juga mengalami perbaikan profil kolesterol. 


3. Menyehatkan jantung


Kandungan DATS (Diallyl trisulfide) yang ada didalam bawang putih juga diyakini mampu mengoptimalkan kinerja organ jantung. Pada penderita diabetes, bawang putih bahkan dapat melindungi mereka dari ancaman penyakit yang lebih serius seperti kardiomiopati yang mampu menghambat kinerja otot jantung sebagaimana yang telah dipubliskan pada salah laman di Journal of Agricultural and Food Chemistry.


4. Mengatasi peradangan


Buat kamu yang sering merasa pegal-pegal, cobalah untuk mengkonsumi beberapa siung bawang putih. Hal ini karena bawang putih juga memiliki sifat anti-peradangan. Sebuah studi yang dilakukan oleh King's College London serta University of East Anglia bahkan mendapati bahwa bawang putih terbukti cukup ampuh untuk menurunkan risiko osteoartritis atau radang sendi. 


5. Menyehatkan tulang


Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, sebuah studi lain juga menyatakan bahwa bawang putih terbukti cukup ampuh untuk menurunkan risiko osteoporosis pada para lansia. Hal ini karena adanya penurunan defisiensi estrogen pada mereka yang rutin mengkonsumsi ekstrak bawang putih. 


6. Melindungi fungsi hati


Tak hanya menyehatkan jantung, kandungan DATS yang ada didalam bawang putih juga diyakini mampu melindungi fungsi hati. 


7. Detoksifikasi alami


Tak hanya mampu mencegah diare dengan membasmi bakteri E. coli yang bersarang disaluran cerna. Kandungan sulfur yang ada didalam bawang putih juga dipercaya mampu memberikan efek detoksifikasi alami.


8. Menurunkan risiko Alzheimer dan Demensia


Kandungan antioksidan yang melimpah didalam bawang putih juga diyakini cukup untuk menurunkan stress oksidatif serta risiko penyakit lain seperti Alzheimer dan demensia. 


9. Mencegah kanker


Mengkonsumsi bawang putih mentang minimal 2 siung dalam seminggu diyakini mampu mencegah seseorang dari risiko kanker paru. Hal ini diungkap dalam sebuah studi yang dilakukan di Jiangsu Provincial Center for Disease Control and Prevention dan turut didukung oleh studi lain yang diterbitkan di lama Cancer Prevention Research


10. Mencegah bayi lahir prematur


Bagi ibu hamil, mengkonsumsi bawang putih mentah juga diyakini amat baik untuk mencegah bayi lahir prematur. Hal ini karena adanya efek antibikrobial yang ada didalam bawang putih. 


Nah, itulah 10 manfaat bawang putih bagi kesehatan. 


Posting Komentar

Copyright © 2023

Cookies