[ADS] Top Ads

Inilah, 5 Menu Makanan Sehat Bagi Para Lansia


Memasuki usia senja, nafsu makan seseorang akan mulai menurun. Hal ini karena tingkat aktivitas yang dilakukannya juga mulai berkurang. Entah karena kondisi fisiknya yang sudah tidak lagi sebugar dulu. Maupun faktor lain, seperti masa pensiun yang mau tidak mau mulai merubah gaya hidup dan rutinitasnya. Hal yang cukup wajar sebetulnya, mengingat semakin tua usia seseorang porsi makannya memang harus mulai dibatasi. Terutama untuk jenis makanan yang tinggi gula, garam, dan lemak jenuh. Namun mengurangi porsi makan, bukan berarti harus mengurangi nutrisi dari apa yang kita makan.


Menu makanan sehat bagi para lansia



Penting bagi para lansia untuk tetap memenuhi kebutuhan nutrisinya setiap hari. Yakni dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi serat, kaya akan protein dan vitamin, serta beragam nutrisi penting lainnya. Hal ini agar mereka dapat tetap aktif bergerak dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Berikut, beberapa menu makanan orang tua yang bisa kamu berikan untuk meningkatkan kembali nafsu makan mereka.


1. Pepes ikan


Ikan menjadi menu makanan yang paling sering direkomendasikan untuk para lansia. Hal ini karena selain rendah lemak,ikan juga kaya akan protein. Tak hanya itu, kandungan asam lemak omega-3 yang ada didalamnya juga dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit degeneratif serta meningkatkan fungsi kognitif para lansia. Pepes ikan menjadi menu makanan orang tua yang bisa kamu berikan. Karena selain tinggi nutrisi, teksturnya yang lembut akan mempermudah mereka untuk memakannya.


2. Sup ayam


Selain ikan, ayam juga dapat menjadi bahan makanan yang bisa dipilih. Kandungan protein, zat besi dan vitamin B12 yang ada didalamnya dapat membantu memenuhi nutrisi harian yang dibutuhkan oleh para lansia. Kamu bisa mengolahnya menjadi sup ayam untuk menambah nafsu makan mereka. Selain lebih lezat, olahan sup ayam yang telah ditambah dengan sayur-sayuran akan turut menambah nutrisi lain seperti karbohidrat yang berasal dari kentang, hingga vitamin dan mineral yang berasal dari wortel, buncis dan sayuran pelengkap lain. Sup ayam juga dipercaya mampu meningkatkan mood dan perasaan nyaman pada lansia. Hal ini karena kandungan triptofan yang ada pada sup ayam saat dihidangkan dalam keadaan hangat. Mengkonsumsi sup ayam bahkan mampu meningkatkan imun tubuh para lansia saat tengah terserang gejala flu. 


3. Oatmeal


Oatmeal sendiri telah lama dikenal sebagai salah satu menu makanan sehat. Mereka yang tengah menjalani program diet bahkan kerap memasukkan oatmeal dalam menu hariannya. Begitupula para ibu hamil. Bagi para lansia, kandungan vitamin B6, vitamin B12 serta asam folat yang ada didalam oatmeal diyakini mampu menyehatkan organ pencernaan. Kandungan serat dan antioksidan yang ada didalam oatmeal juga dipercaya mampu mengontrol kadar gula darah, menurunkan kolesterol, mencegah hipertensi, hingga menyehatkan jantung. Kamu bisa menyajikannya dalam bentuk bubur, maupun cake atau roti. 


4. Sayur bening


Para lansia juga dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi sayuran hijau, seperti halnya sayur bayam, sayur sawi atau sayur daun katuk. Selain tinggi serat, sayuran hijau juga dipercaya kaya akan kandungan kalsium, kalium, zat besi serta vitamin. Kamu bisa menyajikannya dalam bentuk sayur bening. 


5. Buah-buahan


Selain sayuran hijau, para lansia juga dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan sebagai cemilan atau makanan pelengkap diantara waktu makan utama mereka. Pisang misalnya, selain tinggi serat pisang juga kaya akan vitamin dan kalium yang mampu menyehatkan organ pencernaan. Kamu juga dapat memberikan potongan pepaya segar pada orang tuamu. Kandungan vitamin A, vitamin C, dan aktioksidan yang ada dalam buah pepaya tak hanya mampu menyehatkan organ mata, namun dapat pula menurunkan resiko berbagai penyakit seperti jantung dan kanker. 


Nah, itulah 5 menu makanan sehat bagi para lansia. Kamu bisa memvariasikannya dengan lauk pauk lain yang sekiranya mudah untuk dikonsumsi seperti tempe/tahu bacem. 

Posting Komentar

Copyright © 2023

Cookies