[ADS] Top Ads

Catat! Inilah, 4 Tips Memilih Antena TV Digital Terbaik


Menonton TV mungkin sudah tak sepopuler dulu. Sebab ada beragam layanan video streaming yang kini mulai menggeser keberadaan acara TV. Meski begitu, ada beberapa tayangan yang rasa-rasanya kurang afdol jika tidak disaksikan lewat layar televisi. Misalnya kejuaraan olahraga, baik itu sepak bola, badminton hingga balap motor. Melalui beragam tayangan olahraga inilah, keakraban antara anggota keluarga biasanya mulai kembali terjalin. Sebab kebanyakan dari kita pasti akan menyaksikan kejuaraan olahraga seperti ini bersama anggota keluarga yang lain. Bahkan ada pula yang mungkin nonton bareng dengan tetangga dikiri kanannya. 


Maka demi menunjang kenyamanan saat menyaksikan beragam siaran TV tersebut, kita membutuhkan antena tv digital terbaik. Yakni antena tv yang tak hanya mampu menangkap siaran UHF dan VHF dengan baik, namun mampu menampilkannya dengan kualitas gambar yang jauh lebih jernih dan tajam ketimbang antena tv biasa. 


Tips Memilih Antena TV Digital



Nah, buat kamu yang mungkin tengah mencari antena tv digital. Beberapa tips berikut, mungkin dapat membantumu saat hendak memilih antena tv digital terbaik.


1. Tentukan lebih dulu, dimana antena akan ditempatkan


Seperti yang telah sama-sama kita ketahui, antena tv terbagi menjadi 2 jenis. Yakni antena indoor yang kerap diletakkan berdekatan dengan tv alias didalam ruangan. Serta antena outdoor yang biasanya diletakkan diatap rumah atau luar ruangan. Dimana keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Meski dapat menangkap sinyal dengan lebih bagus serta mampu menampilkan gambar yang jauh lebih jernih, installasi antena outdoor terbilang lebih sulit. Sebab kita perlu lebih dulu menentukan lokasi yang tepat, serta memastikan antena tersebut dapat terpancang dengan kokoh. Belum lagi ancaman tersambar petir juga jauh lebih besar. Sebaliknya, meski dapat diletakkan dimana saja, dan bisa dengan mudah digeser, antena indoor kerap menampilkan siaran yang kurang jernih pada beberapa channel tv kesayanganmu. Atau dengan kata lain, kamu perlu sering-sering menggesernya untuk mendapatkan gambar yang lebih jernih dari beberapa channel tv tertentu. Meski begitu, harga antena tv indoor umumnya relatif lebih murah ketimbang antena outdoor.   


2. Sesuaikan dengan jenis TV yang kamu miliki


Buat kamu yang masih menggunakan tv tabung, jangan buru-buru berpikir untuk menggantinya. Sebab tv tabung pun nyatanya bisa menangkap siaran tv digital dengan bantuan antena tv digital terbaik. Kamu bahkan bisa mengubah tv tabungmu menjadi smart tv dengan bantuan STB alias Android TV Box. Dikutip dari ceklist.id, tv tabung juga dianggap mampu menangkap sinyal dengan jauh lebih baik. Kamu bisa menggunakan antena berukuran kecil hingga sedang untuk jenis tv ini. Sementara untuk jenis tv LED/LCD kamu membutuhkan antena berukuran besar. Sebab tv jenis ini biasanya justru sulit menangkap sinyal dengan baik. 


3. Periksa kelengkapan antena


Untuk antena outdoor, pastikan kamu juga mendapatkan remote control atau pengendali jarak jauh dalam paket pembelian. Hal ini penting, supaya kamu dapat mengatur posisi antena dari dalam rumah, tanpa perlu naik keatas genting terlebih dahulu. Periksa juga kelengkapan komponen penting lain seperti kabel coaxial. Dan cari tahu berapa panjang kabel yang akan kamu dapatkan. 


4. Cari tahu beragam fitur yang ditawarkan


Beberapa antena tv digital, juga telah dilengkapi dengan teknologi booster dan anti petir. Sehingga aman digunakan, bahkan dicuaca yang cukup buruk saat petir terdengar sambar menyambar. Tak hanya itu teknologi booster yang disematkan pada antena tv digital juga memampukan tv untuk menangkap sinyal dengan jauh lebih baik meski antena diletakkan didalam ruangan.


Nah, itulah 4 tips yang bisa kamu pertimbangkan saat hendak memilih antena tv digital terbaik. Berbeda dengan tv analog, siaran tv digital menawarkan kualitas gambar yang jauh lebih baik alias high definition. Sehingga kamu bisa menonton beragam acara tv favoritmu dengan jauh lebih nyaman.  

Posting Komentar

Copyright © 2023

Cookies