[ADS] Top Ads

Resep Es Lidah Buaya: Bahan-bahan Serta Cara Pembuatannya



Meski tak setenar nata de coco atau cincau hitam. Aloe vera sejatinya dapat pula diolah menjadi minuman yang menyegarkan. Yap, kamu bisa mengolahnya menjadi es lidah buaya


Resep es Lidah Buaya

Cara membuatnya pun terbilang cukup simple. Kamu hanya perlu menyiapkan berbagai bahan berikut ini:

  • 500 gr lidah buaya (kamu bisa menambah atau mengurangi jumlahnya sesuai selera)
  • 3-4 lembar daun pandan
  • 100 gr gula pasir (tambahkan jika ingin lebih manis)
  • 1 Buah lemon (yang nantinya akan kita peras untuk acidity) – kamu boleh tidak menggunakannya
  • 1 sdm kapur sirih
  • 1 sdt garam dapur
  • 1 sdt biji selasih (kamu bisa menambahkannya jika dirasa kurang)
  • Sirop melon secukupnya (kamu bisa mengubahnya dengan rasa lain)
  • Air bersih untuk merebus
  • Es batu secukupnya


Cara Membuat Es Lidah Buaya


Jika seluruh bahan diatas sudah tersedia, kamu bisa langsung mengikuti resep es lidah buaya berikut ini:

1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah merendam biji selasih kedalam air panas. Mengapa harus direndam? Karena biji selasih umumnya dijual dalam bentuk kering. Tujuan dari perendaman ini adalah agar warna biji selasih yang semula hitam berubah menjadi putih hitam. Jika sudah, kamu bisa mendiamkannya terlebih dahulu.

2. Selanjutnya, ambil lidah buaya lalu kupas kulitnya. Potong dadu bagian dagingnya. Lalu cuci sampai bersih.

3. Sebelum dapat mengolahnya, kamu perlu membuang bagian lateks atau lendirnya hingga betul-betul bersih. Mengapa begitu? Karena jika bagian lendirnya masih tersisa, es yang kamu buat akan terasa cukup pahit. Selain itu, bagian lateks dari lidah buaya umumnya digunakan sebagai obat pencahar. Maka untuk menghindari efek samping diare yang mungkin terjadi. Kamu perlu betul-betul memisahkan daging lidah buaya dengan bagian lendirnya. Caranya mudah, gunakan garam dan kapur sirih yang sudah kamu siapkan tadi. Campur keduanya dengan air, lalu rendam seluruh potongan daging lidah buaya yang sudah kamu cuci tadi. Bilas hingga lendirnya benar-benar hilang dan tak tersisa.

4. Nah, sampai disini ambil 1 lembar daun pandan yang sudah kamu siapkan tadi. Didihkan air lalu masukkan daun pandan dan lidah buaya kedalamnya. Rebus selama kurang lebih 3-5 menit. Hal ini untuk memastikan bahwa lendirnya sudah betul-betul hilang. Setelah itu, buang air rebusan lalu cuci kembali daging lidah buaya dengan air bersih. 

5. Jika sudah, kamu bisa meniriskannya terlebih dahulu. Sambil menunggu, didihkan air lalu campurkan gula, daun pandan, dan perasan lemon (jika mau) kedalamnya. Kemudian masukkan potongan lidah buaya dan rebus hingga mendidih. Jika dirasa sudah cukup matang. Matikan kompor dan dinginkan terlebih dahulu. 

6. Sambil menunggu potongan lidah buayanya dingin, kamu bisa menyiapkan gelas/wadah saji. Tambahkan es batu dan biji selasih secukupnya. Lalu tuang lidah buaya yang sudah kamu rebus dan dinginkan tadi. Tambahkan sirop sesuai selera. 

7. Sampai disini, es lidah buaya siap untuk dinikmati! 

Kamu dapat pula mengkreasikannya dengan bahan lain. Misalnya, mengganti sirop dengan gula aren untuk mendapatkan aroma yang lebih segar. Atau menambahkan serutan melon dan cincau hitam supaya lebih kaya rasa. 

Hal terpenting yang harus kamu perhatikan saat hendak mengolah lidah buaya adalah memisahkan daging dengan bagian lateks atau lendirnya. Selama bagian lendir sudah kamu bersihkan dengan benar. Maka lidah buaya sudah sangat aman untuk diolah dan dikonsumsi. Bahkan di kreasikan dengan berbagai resep es campur lainnya. Nah, moms selamat mencoba ya! 


Posting Komentar

Copyright © 2023

Cookies