[ADS] Top Ads

Berikut, 17 Manfat Lidah Buaya (Aloe Vera) Bagi Kesehatan dan Kecantikan!


Lidah buaya atau aloe vera merupakan jenis tanaman tropis yang berasal dari Afrika Utara. Tanaman ini dapat tumbuh subur bahkan di iklim tropis yang sangat kering sekalipun. Tak heran jika kemudian, tanaman ini mulai menyebar ke eropa bagian selatan hingga sampai di Indonesia. Sebagai tanaman yang juga mudah untuk dibudidayakan, Aloe vera kerap dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan berbagai produk kecantikan. Seperti krim Anti-aging hingga conditioner untuk rambut kering. Tak hanya itu, aloe vera juga disebut-sebut memliki segudang manfaat bagi kesehatan. 


Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan



Berikut, berbagai manfaat lidah buaya bagi kesehatan dan kecantikan:


1. Mengatasi masalah kulit kering


Kandungan Vitamin A, C dan E yang ada pada gel lidah buaya diyakini mampu melembapkan kulit. Tak hanya itu, kandungan antioksidan yang ada didalamnya juga dianggap mampu mencerahkan kulit. Maka tak heran jika lidah buaya kerap digunakan sebagai pelembap alami.


2. Memperlambat penuaan


Munculnya garis-garis halus pada kulit kerap menjadi momok yang menakutkan bagi kaum hawa. Hal inipulalah yang membuat kaum hawa jauh lebih sering melakukan perawatan kulit ketimbang kaum adam. Bahkan rela menghabiskan budget yang cukup fantastis agar tetap terlihat awet muda. 


Kabar baiknya, setiap kita sebetulnya dapat pula melakukan perawat kulit serupa dengan cost yang jauh lebih murah. Yap, kita dapat memanfaatkan tanaman lidah buaya. 


Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Annals of Dermatology (salah satu asosiasi dermatologi yang berbasis di Korea Selatan), mengkonsumsi suplemen yang berasal dari gel lidah buaya mampu meningkatkan produksi kolagen dan asam hialuronat yang dapat menigkatkan elastisitas kulit, memperbaiki tekstur kulit, hingga mengurangi tampilan garis-garis halus pada wajah. Hal ini berkat adanya senyawa sterol didalam aloe vera


Meski begitu, belum ada penelitian lebih lanjut apakah manfaat yang sama bisa didapat dari gel lidah buaya yang hanya dioleskan dibagian luar kulit (atau tanpa mengkonsumsinya secara oral).


3. Mengatasi Jerawat


Kandungan asam salisilat yang ada pada lidah buaya juga dipercaya cukup ampuh untuk membunuh bakteri penyebab jerawat serta mencegahnya agar tidak datang lagi. Lidah buaya juga diyakini mampu membuang kotoran dan kelebihan minyak pada kulit yang kerap menjadi penyebab utama munculnya jerawat. 


4. Mengatasi berbagai masalah iritasi kulit


Tahukah kamu, bahwa lidah buaya ternyata juga memiliki kemampuan untuk menghambat produksi prostaglandin E2 yang kerap memicu inflamasi dan berbagai masalah iritasi kulit. Seperti, eksim, psoriasis, hingga rosacea. Hal ini berkat kandungan asam lemak dan enzim bradikinin yang ada dalam lidah buaya. 


5. Membersihkan riasan make-up


Kamu pun dapat menggunakan gel aloe vera sebagai make-up remover alami. Tak hanya mampu melarutkan make-up tanpa menyebabkan iritasi. Disaat yang bersamaan, aloe vera juga akan turut melembapkan kulit wajabmu. Sifatnya yang mudah menyerap juga menjadikan lidah buaya amat baik bagi kulit berminyak. 


6. Dapat menjadi gel cukur alami


Tak hanya membersihkan make-up, kamu dapat pula menggunakan aloe vera sebagai gel cukur alami. Berbagai kandungan yang ada pada lidah buaya tak hanya mampu melembapkan kulit selama proses cukuran namun turut pula mengurangi risiko iritasi. 


7. Mengobati luka bakar ringan


Aloe vera juga dikenal sebagai obat topikal alias obat oles alami untuk mengobati luka bakar derajat 1 & 2. Menurut studi yang dilakukan oleh Journal of Pakistan Medical Association, penggunaan lidah buaya untuk mengobati luka bakar ringan menunjukkan hasil yang jauh lebih baik ketimbang penggunaan salep antibiotik sulfadiazin yang kerap di resepkan untuk kasus luka bakar derajat 1 & 2. Lidah buaya bahkan disebut mampu meredakan nyeri dan mempercepat proses regenerasi kulit. Meski begitu, belum ada penelitian lebih lanjut, pada kasus luka bakar yang jauh lebih berat.   


8. Mengatasi masalah kerontokan


Rambut rontok dapat menyebakan kebotakan jika tidak diatasi dengan segera. Kabar baiknya, pemakaian gel lidah buaya secara rutin dapat mengurangi intensitas kerontokan sekaligus merangsang pertumbuhan rambut. 


9. Mengatasi Sariawan


Sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dimiliki lidah buaya juga diyakini bermanfaat untuk mengatasi sariawan. 


10. Mencegah gigi berlubang


Tahukah kamu, bahwa jus lidah buaya memiliki efektivitas yang setara dengan obat kumur biasa yang mengandung chlorhexidine untuk mengurangi plak gigi? Yap, lidah buaya bahkan mampu membunuh bakteri streptococcus mutans dan jamur candida albicans yang kerap menjadi biang keladi munculnya plak pada gigi. Gigi yang bersih dari plak yang menumpuk secara otomatis akan terbebas dan gigi berlubang. Sebab salah satu penyebab munculnya gigi berlubang adalah karena adanya penumpukan plak pada gigi. 


11. Melancarkan BAB 


Jika pernah memotong lidah buaya, kamu tentu tahu bahwa bagian yang terpotong lama kelamaan akan terlihat menguning. Bagian yang menguning inilah yang kemudian dikenal dengan istilah lateks. Kandungan aloin atau barbaloin serta antrakuinon yang ada didalam lateks inilah yang diyakini mampu mengatasi sembelit dan melancarkan buang air besar. 


12. Meredakan gejala asam lambung


GERD atau asam lambung menjadi salah satu penyakit yang paling sering diderita oleh orang Indonesia. Gejalanya pun bermacam-macam, mulai dari rasa sebah/kembung, terus bersendawa, rasa mual yang tak tertahankan, hingga rasa panas di ulu hati. Umumnya, dokter akan meresepkan sucralfate untuk meringankan berbagai gejala tersebut. Namun tahukah kamu, kalau lidah buaya ternyata dapat berfungsi sebagai “sucralfate alami” untuk mengatasi gejala asam lambung? Yap, mengkonsumsi daging lidah buaya saat makan disebut-sebut mampu meringankan berbagai gejala tersebut. Meski begitu, kamu harus betul-betul mencucinya hingga bersih. Kamu harus lebih dulu mengeluarkan bagian lendirnya yang berwarna kuning sebelum mengolah dan mengkonsumsinya. 


13. Menurunkan kadar gula darah


Aloe vera juga merupakan salah satu kandidat kuat obat diabetes dimasa depan. Yap, menurut studi yang diterbitkan oleh International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacy, mengkonsumsi jus lidah buaya secara teratur dapat menurunkan kadar gula darah dan trigliserida pada penderita diabetes tipe 2. 


14. Mengatasi hipertensi


Sifat anti-inflamasi lidah buaya yang berasal dari kandungan aloe-emodin dan aloin diyakini mampu menurunkan tekanan darah, baik sistolik maupun diastolik pada penderita komplikasi penyakit diabetes dan hipertensi yang tidak menggunakan insulin.


15. Baik bagi kesehatan hati


Aloe vera juga mengandung fitonutrien yang mampu memperbaiki fungsi hati.


16. Mengatasi peradangan


Kandungan antioksidan yang tinggi pada lidah buaya juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai peradangan. Seperti peradangan di gusi atau peradangan di kulit yang menyebabkan ruam dan rasa gatal. 


17. Calon potensial untuk melawan kanker payudara


Kandungan aloe emodin yang ada pada lidah buaya ternyata juga memiliki sifat terapeutik yang dapat memperlambat pertumbuhan kanker payudara. Sebagaimana dimuat dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine. Studi lain bahkan menyebut kalau lidah buaya dapat meningkatkan khasiat obat kanker seperti cispolatin.


Lidah buaya juga disebut mampu meningkatkan daya tahan tubuh serta memperlancar peredaran darah. Meski begitu, kamu tetap dianjurkan untuk mengkonsultasikan hal ini terlebih jika tengah menjalani pengobatan untuk penyakit tertentu.  


Posting Komentar

Copyright © 2023

Cookies