[ADS] Top Ads

Catat! Inilah, 11 Ciri dan Karakteristik Kucing Anggora Asli


Kucing anggora asli adalah kucing anggora dengan ras murni yang belum bercampur dengan ras kucing lain. Artinya, jika kucing anggora telah dikawin silang dengan ras kucing lain, dan memiliki keturunan. Maka keturunannya ini sudah tidak dapat lagi disebut sebagai kucing anggora asli, melainkan jenis kucing mixdome


Sayangnya, amat sulit menemukan kucing anggora asli diluar negara asalnya. Termasuk di Indonesia. Hal ini karena adanya larangan eskpor kucing dari negara Turki. Kebijakan ini dibuat demi menjaga kemurnian ras asli kucing anggora. Meski begitu, jangan buru-buru menyimpulkan kalau semua kucing anggora yang ada di Indonesia sudah pasti adalah jenis kucing mixdome. Sebab jika diingat-ingat, kucing anggora sempat menjadi primadona dikalangan para bangsawan eropa abad ke-16. Utamanya dikawasan Inggris Raya. Maka besar kemungkinan, kucing anggora asli yang masuk ke Indonesia justru berasal dari eropa dan bukan turki. 


Ciri dan karakteristik kucing anggora asli



Lantas bagaimana cara membedakan kucing anggora asli dengan kucing anggora yang telah bercampur dengan ras lain? Setidaknya, ada 11 ciri dan karakteristik kucing anggora asli yang membedakannya dengan kucing mixdome, yaitu:


1. Bagian Leher dan Kepala


Meski terlihat mirip dengan kucing kampung, bagian leher dan kepala kucing anggora asli sebetulnya justru hampir menyerupai leher dan kepala singa. Yakni tampak seperti segitiga terbalik yang mengerucut kebawah dengan bulu yang cukup panjang dibagian leher. 


2. Bagian hidungnya


Demikian pula bagian hidungnya, kucing anggora asli memiliki batang hidung yang jauh lebih mancung ketimbang kucing kampung. Maka dibanding kucing mixdome tentu bagian hidung kucing anggora asli akan jauh lebih mudah dikenali. 


3. Bagian telinganya


Bagian telinga kucing anggora asli terlihat jauh lebih runcing dengan jarak yang cukup berdekatan. Hal ini karena bagian wajah kucing anggora asli memang jauh lebih ramping ketimbang ras lain. Dimana hanya bagian bawah telinga yang ditumbuhi dengan bulu.


4. Bagian matanya


Ciri lain yang membedakan kucing anggora asli adalah bentuk matanya yang terlihat seperti buah almond yang agak miring keatas. Kucing anggora asli juga amat mungkin memiiki warna mata ganjil yakni, biru dan kuning. Meski jumlahnya tak sebanyak kucing anggora bermata normal. Ada yang menyebut bahwa warna mata ganjil pada kucing anggora asli justru mengindikasikan adanya penyakit atau kelainan pada kucing, misalnya gangguan pendengaran. Namun untuk memastikannya, kamu perlu lebih dulu memeriksakannya ke dokter hewan.


5. Bentuk tubuh


Kucing anggora asli terkenal karena bentuk tubuhnya yang dianggap ideal. Hal ini karena kucing anggora memiliki struktur tulang yang menonjol. Badannya pun terlihat lebih ramping dan panjang. Dimana ukuran tubuh anggora jantan akan terlihat jauh lebih besar ketimbang anggora betina. Dengan bobot tubuh berkisar antara 2 hingga 5 kg untuk kucing dewasa. 


6. Bentuk kakinya


Kucing anggora asli memiliki kaki belakang yang jauh lebih panjang ketimbang kaki depannya. Hal ini pulalah yang membuat mereka terlihat cukup tinggi dan seperti “model” saat tengah berjalan. 


7. Bagian ekornya


Karakteristik lain yang mungkin akan sangat membedakan kucing anggora asli dengan kucing mixdome adalah bagian ekornya. Kucing anggora asli memiliki ekor dengan bulu yang sangat lebat, melebihi bulu lain yang ada dibagian tubuhnya. Saking lebatnya, ekor kucing anggora kerap disebut-sebut mirip dengan kemoceng atau ekor musang. 


8. Bagian bulunya


Anggora terkenal sebagai salah satu ras kucing berbulu panjang. Meski tak selebat kucing persia, bulu kucing anggora jauh lebih panjang ketimbang kucing kampung. Utamanya, dibagian leher dan ekornya. Uniknya, bulu kucing anggora seakan mampu beradaptasi dengan perubahan iklim. Dimusim panas misalnya, bulu kucing anggora akan tumbuh jauh lebih pendek. Namun memasuki musim dingin, bulunya akan tumbuh jauh lebih lebat dan panjang. 


9. Usianya


Kucing anggora asli mampu hidup cukup lama, yakni 9 hingga 14 tahun. Dimana kucing mixdome kemungkinan besar tak kan hidup selama itu. 


10. Sifatnya


Anggora terkenal sebagai kucing yang ramah dan pintar. Ia jauh lebih aktif dan energik ketimbang ras lain seperti persia. Ia juga amat gemar bermain dengan manusia. Itu mengapa, jika ditinggal pemiliknya dalam waktu yang cukup lama ia akan lebih mudah merasa kesepian. Berbeda dengan persia justru merasa lebih nyaman saat sendirian. Kepintaran kucing anggora juga menjadikannya lebih mudah untuk dilatih. Anggora juga mudah "kepo" karena memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Ia akan terus mengamati sesuatu yang membuatnya penasaran. 


11. Harganya


Harga kucing anggora asli berkisar antara 5 hingga 15jt. Dimana kemurnian atau keasliannya dapat dibuktikan dengan certified pedigree atau sertifikat yang berisi silsilah dari kucing tersebut. Berbeda dengan kucing mixdome yang mungkin hanya berkisar antara 500rb hingga 2 jutaan. 


Nah, itulah 11 ciri dan karakteristik kucing anggora asli yang membedakannya dengan kucing mixdome. Layaknya kucing kampung, kucing anggora asli juga menyukai ketinggian. Mereka juga terdengar lebih berisik saat mengeong. 



Posting Komentar

Copyright © 2023

Cookies