[ADS] Top Ads

3 Penyebab Utama LCD Baru Tidak Bisa Disentuh (Touchscreen Tidak Berfungsi)


Pernah nggak sih kalian kepikiran untuk mengganti LCD HP kalian sendiri? Toh tutorialnya banyak di YouTube, lebih murah juga kan ketimbang ganti LCD di tukang service. Bener lho, kalau ganti sendiri tuh, paling mahal cuma habis 150rb-an itu juga kalau nggak sabar nunggu dan pake ekspedisi sameday sih, kalau mau pake pilihan free ongkir, paling cuma habis 100-120rb-an sama lem. Sementara kalau di bawa ke konter atau tukang service kalian pasti akan langsung digetok diharga 300rb-an. Kenapa lebih mahal? karena mereka nggak mau nombok andaikata LCD yang udah dibeli bermasalah atau ada human error saat proses pemasangan. Apalagi mereka juga mesti ngasih garansi kan, kalau ternyata sebelum masa garansinya habis LCD-nya kenapa-kenapa kan repot juga kalau mereka cuma matok biaya service di harga LCD+jasa.


Bagi kalian yang ingin memasang sendiri LCD di HP kalian yang rusak. Entah karena jatuh atau hal apapun, yang mesti kalian siapkan selain LCD baru adalah lem LCD, blower, dan obeng. That's it! Blower disini berfungsi untuk membuka backdoor dan LCD dari tulang HP. Karena tanpa blower tuh biasanya agak susah, terutama untuk HP yang belum pernah di bongkar sama sekali alias masih segel. Untuk obeng sama lem udah tau lah ya fungsinya apa.


Cuma, sebelum itu kalian mesti tahu dulu nih kalau ada resiko LCD yang kalian pasang bisa nyala tapi nggak bisa disentuh sama sekali. Dan ini pernah kejadian dan saya alami sendiri. Dan kejadian inilah yang ingin saya share kali ini. 


Disclaimer dulu ya: Kebetulan saya bukan teknisi atau tukang service hp. Jadi pengetahuan saya bisa dibilang 0 soal beginian. Cuma modal nekat doang ngikutin tutorial di YouTube hehe jadi kalau dibawah nanti ada istilah atau pengertian yang salah tolong di koreksi ya.

 

Penyebab LCD Baru Tidak Bisa Disentuh (touchscreen tidak berfungsi)




Setidaknya, ada 3 penyebab LCD baru tidak bisa disentuh (touchscreen tidak berfungsi), yakni: 


1. Beda tipe


Jangan buru-buru percaya dengan istilah LCD Universal. Sebisa mungkin baca seluruh review-nya terlebih dahulu, utamanya dari user lain yang juga membeli LCD untuk seri HP yang sama dengan HP mu. Karena kadangkala, setelah dipasang touchscreen-nya justru tidak berfungsi. PR banget kan kalau mesti retur barang sama penjual. Iya, kalau kamu sempat buat video unboxing, kalau nggak dan LCD-nya udah terlanjut di lem? Wahhh yang ada kamu jadi keluar duit lagi tuh buat beli LCD lain.


2. Socket-nya


Kadangkala masalahnya bukan pada LCD-nya melainkan pada socket-nya. Dibanyak kasus, kamu hanya perlu melepas socket dan memasangnya kembali untuk mengatasi hal ini. Atau kalau masih tidak bisa disentuh juga, kamu bisa membersihkan socket dan kabel fleksibelnya dengan menggunakan tiner dan sikat gigi bekas. Cukup tuang sedikit tinner ke sikat gigi bekas dan gosokkan ke bagian socket dan kabel flexibelnya. Lalu coba nyalakan kembali HP kalian. 


3. Grounding issue


Jika keadaan socket masih cukup baik, bisa jadi penyebabnya adalah karena grounding issue. Jujur saya nggak tahu sih istilah yang benar tuh apa. Cuma di forum luar tuh banyak user yang menggunakan istilah ini. Jadi biasanya tuh di kabel flexibel ada ground yang ngarah ke tulangan tengah. Nah, kalau groundnya ditutup didengan isolasi di beberapa kasus, touchscreennya akan kembali normal dan bisa disentuh. 


Sejauh yang saya tahu sih penyebab umumnya ya cuma 3 itu, jadi kalau sekiranya ada penyebab lain yang nggak saya sebutkan, minta tolong ditambahin ya um/tante hehe


Intinya, ganti LCD tuh nggak susah-susah banget sebetulnya. Karena dalemannya ya hampir sama aja sih kalau saya perhatian. Khususnya HP HP sekarang ya. Sebut aja yang kaya Oppo dan Vivo. Karena 2 merk ini yang paling sering bermasalah dengan LCD. Tinggal gimana mental kalian aja sih, kalau berani ya monggo dibongkar sendiri. Kalau ragu ya tinggal bawa aja ke tukang service. 


Saran saya sih, kalau mau ganti LCD tuh usahain beli LCD ori atau copotan. Karena LCD KW tuh biasanya nggak bisa multitouch. Nggak masalah sih buat yang nggak hobi main game online. Tapi buat yang mau benerin LCD untuk dipake nge-game, mending pikir-pikir dulu deh sebelum ganti ke yang KW. Untuk pixel sih saya nggak komen ya, karena LCD KW pun pixelnya udah lumayan rapet-rapet sekarang. Cuma ya itu, multitouch-nya biasanya yang bermasalah.    


Sorry saya pake gambar ilustrasi dari ShutterStock, soalnya foto-foto yang sempat saya jepret kebetulan mau saya jual juga di ShutterStock jadi nggak saya upload di postingan ini :D


Posting Komentar

Copyright © 2023

Cookies